Mattias Skjelmose Rebut Etape 3 Sekaligus Pimpin GC Tour de Suisse 2023


Selebrasi Mattias Skjelmose usai meraih juara di etape 3 Tour de Suisse. 

Pembalap tim Trek-Segafredo, Mattias Skjelmose berhasil memenangkan etape 3 Tour de Suisse 2023, yang berakhir di Villars-sur-Ollon, Selasa 14 Juni 2023 waktu setempat. Kemenangan ini membuatnya naik ke puncak klasemen general classification (GC).

Pembalap berusia 22 tahun asal Denmark itu berhasil memimpin balapan setelah sukses menaklukkan etape ketiga sejauh 143,8 km dengan rute basah dan terjal. 

Keseruan balapan di etape ketiga itu dibuka oleh kelompok peloton yang berhasil mengejar empat pembalap terdepan. Mereka berhasil mengejar di 30 kilometer terakhir. Baru saat pendakian terakhir, terjadi proses pengikisan di peloton secara bertahap.

Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) termasuk pembalap yang berhasil melepaskan diri dari peloton. Ia bersaing dengan Felix Gall (AG2R Citroën Team) serta Skjelmose. Namun, tapi Gall dan Skjelmose berhasil meninggalkan Evenepoel yang baru saja pulih dari Covid-19 yang didapat saat mengikuti Giro d'Italia 2023 lalu.

Di awal pendakian curam sepanjang 10 kilometer menuju Villars-sur-Ollon terjadi persaingan ketat antara Skjelmose dan Gall. Skjelmose sukses mengalahkan Gall setelah melakukan sprint di 600 meter tersisa.

Di belakang Skjelmose dan Gall ada Juan Ayuso (UAE Team Emirates) finis di urutan ketiga dengan catatan 12 detik di belakang Skjelmose. Ia sukses mendahului Evenepoel.

Hasil di etape ketiga Tour de Suisse 2023 ini merupakan kemenangan WorldTour pertama Skjelmose sebagai pembalap pro. Sebelumnya ia berhasil finis di posisi kedua di Flèche Wallonne pada April lalu. Sekaligus hasil ini mengubah klasemen sementara Tour de Suisse 2023.


Remco Evenepoel ketika memasuki finis. Ia menempati posisi keempat di etape 3 Tour de Suisse 2023.

Saking senangnya, Skjelmose menggambarkan pencapaiannya itu sebagai hal yang tidak terbandingkan. "Ini mungkin bukan etape gunung yang terberat. Tapi tetap saja pendakian yang panjang dan saya melakukannya dengan sangat baik," kata Skjelmose seperti dikutip dari Cyclingnews.

Skjelmose mengaku di etape ketiga itu ia tak begitu merisaukan persaingannya dengan Evenepoel. Dia justru sempat tegang ketika menghadapi persaingan di akhir etape dengan Felix Gall.

"Saya tidak yakin apakah dia (Remco Evenepoel) sudah mengerahkan kemampuan terbaiknya atau belum. Tapi saya bisa yakin (mengalahkan Evenepoel) saat tim sudah bekerja keras, saya harus berupaya memberikan segalanya," ungkapnya.

Etape keempat Tour de Suisse akan berlangsung hari ini dengan rute yang lebih berat, termasuk tiga pendakian terjal di akhir etape. Total jarak yang akan ditempuh adalah 152,5 km dari Monthy menuju Leukerbad.(mainsepeda)

Hasil Etape Ketiga Tour de Suisse 2023 (Top 10)
1. Mattias Skjelmose Jensen, Trek-Segafredo    , 03:29:14
2. Felix Gall, AG2R Citroën Team    , +3
3. Juan Ayuso, UAE Team Emirates, +12
4. Remco Evenepoel, Soudal Quick-Step, +21
5. Cian Uijtdebroeks, BORA-hansgrohe, +21
6. Pello Bilbao, Bahrain Victorious, +21
7. Wilco Kelderman, Jumbo-Visma, +21
8. Rigoberto Uran, EF Education-EasyPost, +21
9. Magnus Sheffield, Ineos Grenadiers, +37
10. Romain Bardet, Team DSM, +45

Klasemen Sementara General Classification Tour de Suisse 2023 (Top 10)
1. Mattias Skjelmose Jensen, Trek-Segafredo    , 07:36:31
2. Remco Evenepoel, Soudal Quick-Step, +17
3. Juan Ayuso, UAE Team Emirates    , +24
4. Magnus Sheffield, Ineos Grenadiers, +39
5. Pello Bilbao, Bahrain Victorious, +49
6. Rigoberto Uran, EF Education-EasyPost, +56
7. Wilco Kelderman, Jumbo-Visma,    +01:04
8. Ion Izagire, Cofidis, +01:05
9. Felix Gall, AG2R Citroen Team, +01:07
10. Romain Bardet, Team DSM, +01:15

Saksikan Race Commentary Bromo KOM 2023 yang Super Kocak!


COMMENTS