Dari Criterium du Dauphine, Adam Yates Langsung TC Persiapan Tour de France 2023

Juara dua kali Tour de France, Tadej Pogacar dan runner-up Criterium du Dauphine, Adam Yates, bergabung dalam pemusatan latihan (training camp/TC) UEA Team Emirates di Sestriere, Italia. Pemusatan latihan itu sekaligus untuk cek rute di beberapa etape Tour de France.

Pemusatan latihan itu memang dalam rangka persiapan jelang Tour de France, 1 Juli mendatang.

Pogacar yang masih dalam proses pemulihan patah pergelangan tangan akibat insiden kecelakaan di Liege-Bastogne-Liege, April lalu, telah kembali berlatih bersama tim sejak akhir Mei lalu. Pogacar juga telah mengikuti kamp pelatihan di Sierra Nevada bersama rekan setimnya.

Sementara Pogacar menjalani kamp pelatihan di Nevada, pembalap lain yang masuk daftar Tour de France melakukan pemanasan di Criterium du Dauphine dan Tour de Suisse. Salah satunya Adam Yates dan Rafal Majka.

Pogacar sendiri sudah mendapatkan izin dari dokter tim untuk kembali berlatih normal, sekaligus sebagai persiapan Tour de France 2023.

“CT Scan menunjukan hasil yang positif. Tulang-tulangnya yang patah sudah sembuh dan pulih, Tapi ia masih harus menggunakan penyangga sebagai bentuk antisipasi,” dilansir dari rilis resmi tim UEA Team Emirates.

Sementara itu, Adam Yates berhasil menempati posisi kedua general classification Criterium du Dauphine. Ia tertinggal 2 menit 23 detik dari Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) kampium Tour de France 2022 lalu.

“Kami menjalani balapan yang sangat bagus, Mieckel memenangkan time trial (etape 4). Saya berada di posisi kedua GC. Kami sudah melakukan yang terbaik, dan saya pikir ini akan menambah kepercayaan diri kami nanti di Tour de France,” ujar Yates.

Pengalaman Yates di Tour de France tidak perlu diragukan lagi. Ia berada di posisi kesembilan GC di 2022. Posisi terbaiknya di Tour de France adalah di 2016. Saat Yates berada di posisi keempat GC.

“Tentu masih ada stres yang saya rasakan ketika balapan kemarin (Criterium du Dauphine), tapi saya harus berada dalam kondisi prima ketika tur nanti,” tutup Yates.(mainsepeda)

Saksikan Race Commentary Bromo KOM 2023 yang Super Kocak!


COMMENTS