Aturan Baru Tour de France 2023: Tim Peserta Wajib Umumkan Komponen ke Publik


Salah satu Staff UCI ketika memeriksa sepeda di Tour de Romandie

Aturan baru diterapkan di Tour De France 2023. Semua tim wajib mengungkapkan ke publik semua komponen yang bakal mereka pakai balapan. Tim yang tidak mematuhi peraturan baru dari UCI itu akan dikenakan sanksi. Dari denda sampai diskualifikasi.

Komponen apa saja yang harus diumumkan ke publik? Mulai frame set, ban, handlebars, time trial base bars and komponen tambahan lainnya. Termasuk jersey dan helm. Semuanya harus diumumkan dan mendapatkan persetujuan untuk dipakai balapan.

Yang paling memusingkan bagi para mekanik dan tim adalah tenggat waktu dalam aturan baru itu. Disebutkan bahwa tim harus sudah melaporkan komponen yang akan dipakai pada 1 Juni mendatang untuk Tour De France. Dan tanggal 17 Juni untuk Tour De France Femmes.

Peraturan ini bisa dibilang mirip dengan regulasi yang berlaku di Olimpiade. Di mana semua tim harus mendaftarkan komponen sebelum kompetisi dimulai.

Peraturan ini bertujuan agar semua komponen yang dipakai setiap tim adil. Serta sesuai dengan standart yang ditentukan UCI. Aturan ini juga bertujuan agar peralatan yang digunakan dapat diakses masyarakat umum.

“Peralatan harus dari jenis yang dijual untuk digunakan oleh siapa saja yang menggeluti olahraga sepeda,” dilansir dari rilis resmi UCI.

Bukan hanya masalah deadline penyampaian komponen yang dipersoalkan tim. Tapi mereka juga kebingungan ketika adanya komponen yang masih dalam tahap pengembangan.

Setiap produk yang masih dalam tahap pengembangan hanya akan diotorisasi jika produk tersebut berada dalam "tahap akhir pengembangan". Artinya, produk tersebut harus tersedia untuk dibeli oleh konsumen dalam waktu 12 bulan setelah pengajuan.

UCI juga telah memutuskan bahwa Tag RFID harus diterapkan pada semua frame set yang digunakan. Tujuannya untuk membantu UCI mengawasi pemeriksaan komponen secara acak selama balapan.

RFID (Radio Frecuency Identification) atau identifikasi frekuensi radio adalah sebuah bentuk komunikasi nirkabel menggunakan elektromagnetik, yang disambungkan ke pemancar radio.

Penggunaan tag ini pertama kali akan diujicobakan di Tour de Romandie. Saat itu setiap tim diminta memasang tag pada tiga atau empat sepeda mereka.(mainsepeda)


COMMENTS