Lulus East Java Journey 2023 1.200 Km, Koh Hay Ikut Three Islands Journey

Go Suhartono atau yang lebih akrab disapa Koh Hay bakal kembali turun di event ultra cycling, mainsepeda. Pria 73 tahun yang sukses menyelesaikan East Java Journey 2023 kategori 1.200 km itu bakal turun di Three Islands Journey 2023.

Bahkan, Koh Hay siap gowes pulang-pergi dari Surabaya menuju Lombok, dan Lombok balik ke Surabaya. Rute gowes Surabaya ke Lombok sebenarnya bukan hal yang baru buat Koh Hay. Tercatat tiga kali ia gowes ke Lombok, yakni pada 2012, awal 2018, dan 2018 akhir.

Di awal 2018, Koh Hay bersama founder mainsepeda Azrul Ananda serta beberapa teman lainnya gowes bikepacking dari Surabaya ke Labuan Bajo. Tepatnya sampai Pelabuhan Sape di ujung Sumbawa. Lalu naik kapal ke Labuan Bajo.


Koh Hay (kiri) saat mengikuti gowes dari Surabaya ke Labuan Bajo pada 2018.

“Saya sudah pernah mencoba rute menuju Lombok. Pemandanganya bagus, jalannya juga lebar. Mungkin tantangannya ada di angin yang cukup kencang karena jarang ada bangunan,” terang Koh Hay. 

Bagi Koh Hay rute dari Surabaya menuju Banyuwangi yang terberat ada di Paiton, Kabupaten Probolinggo. "Yang membuat berat karena faktor cuaca yang terkadang sangat panas serta angin kencang ketika di daerah pasir putih. Selebihnya saya rasa rutenya tidak terlalu berat,” jelasnya.

Koh Hay sebenarnya pada 2022 lalu sempat mendapat ajakan gowes menuju Mandalika. Namun sayangnya ia absen karena cedera yang dialaminya. Jadi, Three Islands Journey 2023 nanti akan menjadi yang pertama buat Koh Hay gowes menuju Sirkuit Mandalika, yang ada di Kabupaten Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: Inspirasi Koh Hay Pungkasi Cerita Finis East Java Journey 2023 1.200 Km

Nama Koh Hay cukup terkenal di kalangan pecinta sepeda tanah air. Terkenal karena semangat, ketangguhan, dan konsistensinya dalam bersepeda. Meski sudah berusia 73 tahun, ia rajin bersepeda dengan jarak ratusan kilometer.

Event-event sepeda menanjak juga rutin ia ikuti, termasuk Bromo KOM Challenge. Pada 27 Mei nanti Koh Hay memastikan mengikuti Bromo KOM Challenge 2023 setelah sempat absen di musim 2022 lalu akibat mengalami cedera punggung pasca ditabrak sepeda motor.


Koh Hay ketika mengikuti tes rute Bromo KOM Challenge menuju pit stop di GOR Untung Suropati, Kota Pasuruan.

Event fun ultra cycling terbaru dari Mainsepeda.com, Three Islands Journey akan digelar 16-18 Juni 2023. Event ini bakal menyuguhkan ending yang berkesan: keliling Sirkuit Mandalika.

Three Islands Journey bakal start dari Surabaya. Melintasi Pulau Bali menuju Lombok. Peserta akan mengakhiri rute di Sirkuit Mandalika. Bukan sekadar finis, peserta bakal bisa gowes sepuasnya di dalam sirkuit.

“Tahun lalu saya tidak jadi ikut gowes ke Mandalika karena masih pemulihan pasca operasi. Jadi di Three Islands Journey nanti saya akan melihat Sirkuit Mandalika. Ini pertama kali buat saya,” ungkap Koh Hay.


Koh Hay pantang menyerah ketika menaklukkan jalur bekas lahar Gunung Semeru di Curah Kobokan, Lumajang, salah satu rute East Java Journey 2023.

Koh Hay sendiri sudah mulai berlatih untuk Three Islands Journey. Ia mengajak para cyclist baru maupun lama untuk bergabung di Three Islands Journey 2023.

“Buat teman-teman cyclist, daripada gowes sendiri lebih baik gowes bersama-sama. Apalagi ini rutenya saya rasa tidak berat. Yang penting latihan endurance ditambah gowes pendek-pendek. Saya rasa teman-teman pasti bisa kok. Saya saja umur 73 tahun bisa, yang muda sudah pasti bisa,” tutup Koh Hay.(mainsepeda)


COMMENTS