Tentang Invasi Rusia, Giro d'Italia 2024 Diusulkan Start di Ukraina


Egan Bernal Juara Giro d'Italia 2021 Ketika Berpose dengan Trofi Giro d'Italia

Giro d’Italia 2024 berencana start dari Ukraina. Pernyataan itu disampaikan Wakil Perdana Menteri Italia sekaligus Menteri Luar Negeri Antonio Tajani. Ia mengusulkan gagasan tersebut sebagai tanda dukungan Italia untuk Ukraina atas invasi Rusia.

“Giro d’Italia adalah salah satu acara olahraga terbesar di negara kami dan menarik perhatian negara lainya. Saya ingin balapan dimulai di Ukraina tahun depan. Ini akan menjadi tanda bahwa kami mendukung Ukraina,” kata Tanjani dilansir dari Cyclingnews.

Sejak invasi Rusia tahun lalu, Roma memang telah menyatakan dukungan penuh atas Ukraina. Mereka turut mengecam aksi Rusia. Italia juga mengirimkan bantuan militer ke Kyiv dan mendukung sanksi terhadap Moskow.


Alesseandro De Marchi Ketika Mengenakan Jersey Pink dan Memimpin Giro d'Italia 2021 lalu.

Jika Giro d’Italia 2024 diadakan di Ukraina, maka ini akan menjadi ke-15 kalinya balapan ini diadakan di luar Italia. Giro d’Italia yang diadakan di luar Italia pertama kali bertempat di San Marino. Kemudian pernah mencicipi juga beberapa negara lainya seperti Belgia, Yunani, Irlandia Utara, Israel, dan terakhir Hungaria.

Giro d’Italia 2023 sendiri akan segera dimulai di Abruzzo pada 6 Mei 2023. Akan berakhir 28 Mei 2023 di Roma.

Rute Giro d’Italia tahun ini akan melewati 17 dari 20 wilayah Italia. Di etape 13 pembalap juga mendaki Crans Montana, Swiss. Kemudian etape 14 sampai finis akan kembali menuju wilayah Italia.

“Giro d’Italia adalah salah satu cara untuk memperkenalkan Italia ke seluruh penjuru dunia. Para pembalap akan mendaki gunung dan melintasi dataran Italia, mereka akan melewati desa kecil dan kota besar. Kami berharap event ini dapat menunjukan kepada dunia bahwa kami dapat menyelenggarakan acara olahraga besar dengan sukses,” tambah Tanjani.(Mainsepeda)

Saksikan East Java Journey 2023 Part 3 Full Journey 1200 km


COMMENTS