Tour de Romandie: Sprint Tak Terbendung, Ethan Hayter Rebut Etape 2

Ethan Hayter (Ineos Grenadiers) berhasil menjadi pemenang di etape kedua Tour de Romandie. Berkat sprint kuatnya, Hayter berhasil mengungguli pesaing terdekatnya Juan Ayuso (Tim Emirates UEA) di tempat kedua dan Romain Bardet (Tim DSM) di tempat ketiga.

Di etape kedua ini, rangkaian peloton mulai menipis di 30 kilometer menjelang finis. Di sinilah Hayter mengambil inisiatif menyerang. Ia tak terkejar dengan para pembalap lain yang juga melakukan sprint.

“Mungkin saya melakukan sprint terlalu dini. Tapi ini etape yang cukup sulit dan Jumbo Visma terus mengejar hingga tanjakan terakhir dan melakukan banyak serangan. Beruntung saya bisa bertahan dan melakukan sprint dengan baik,” ujar Hayter dilansir dari Velonews.

“Tim saya maju ke depan pada waktu yang tepat. Kami harus melakukan sprint lebih awal dan saya rasa ini keputusan yang bagus, Ketika saya melihat seseorang di belakang maka saya akan mulai melakukan sprint,” tambah pembalap asal Inggris itu.

Saat 25 km menjelang garis finis, persaingan ketat dimulai. Para pembalap berhasil memisahkan diri dan berhasil mencapai jalan raya. Gleb Brussenskiy (Astana-Qazaqstan), Julien Bernard (Trek-Segafred), dan Tom Bohli (Tudor) adalah trio yang memulai persaingan di kilometer 25. Sayangnya Brussenkiy terjebak di peloton besar, di 30 kilometer terakhir menjelang finis.

Jumbo-Visma yang memimpin di depan terlihat mengatur tempo kecepatan ketika di Cotte de la Tourne. Jumlah Peloton yang masih besar terjadi hingga 25 km menjelang finis. Peloton mulai memecah ketika perlombaan sampai di Le Communal dengan Michael Woods (Israel-Premier Tech) mencoba memisahkan diri.

Namun tanjakan yang curam di 10 km terakhir membuat Michael Woods kesulitan, akhirnya Ineos Grenadiers berhasil mengambil kendali. Saat itu Hayter meluncurkan serangan dan membuatnya bisa merebut juara di etape kedua Tour de Romandie.

Beberapa pembalap dikabarkan mengalami sakit dan tidak mengikuti balapan pada etape kedua kemarin. James Knox (Soudal Quickstep), Quinn (EF Education-EasyPost) adalah satu dari beberapa nama yang tidak mengikuti balapan karena sakit.(Mainsepeda)

Hasil Etape Kedua Tour de Romandie (top ten)

1. Ethan Hayter, INEOS Grenadiers, 03:55:20

2. Juan Ayuso, UAE Team Emirates, + 00

3. Romain Bardet, Team DSM, + 00

4. Matteo Sobrero,Team Jayco-AlUla, + 00

5. Oscar Onley, Team DSM, + 00

6. Harry Sweeny, Lotto Dstny, + 00

7. Kobe Gossens, Intermarché-Circus-Wanty, + 00

8. Magnus Cort, EF Education-EasyPost, + 00

9. Finn Fisher Black, UAE Team Emirates, + 00

10. Nick Schultz, Israel-Premier Tech, + 00


COMMENTS