Ungguli Tobias Foss, Josef Cerny Rebut Prolog Tour de Romandie

Josef Cerny (Soudal-QuickStep) menjadi juara di prolog Tour de Romandie, di Port-Valais. Pembalap asal Ceko itu unggul tipis atas juara dunia time trial Tobias Foss (Jumbo-Visma). Selisih keduanya di rute sepanjang 6,82 km itu hanya 0,29 detik. Josef Cerny finis dengan catatan waktu 7:25.

Ada tiga pembalap yang berebut finis tercepat pembuka Tour de Romandie. Di belakang Tobias Foss ada rekan setim Cerny, Remi Cavagna dengan selisi 0,97 detik.

Ini adalah kemenangan Cerny pertama di time trial WorldTour. Sekaligus kemenangan kedua di balapan WorldTour. Sebelumnya ia pernah menang di Asti di Giro d'Italia 2019.

“Saya senang bisa menang di prolog ini. Apalagi balapan ini sangat ketat. Saya beruntung,” kata Cerny. Meskipun tidak difavoritkan sebagai juara Tour de Romandie, namun dengan hasil di prolog membuat Cerny lebih percaya diri menghadapi enam etape lainnya.

“Saya yakin bisa masuk 10 besar atau lima besar. Kemenangan ini adalah sesuatu yang sangat menyenangkan bagi saya,” ungkapnya.

https://www.mainsepeda.com/uploads/post/2023/04/26/Tahan Tobias Foss, Josef Cerny Rebut Prolog Tour de Romandie
Josef Cerny di podium Tour de Romandie

Tour de Romandie saat ini memasuki edisi ke-76. Balapan ini berlangsung pada 25-30 April 2023. Tour de Romandie selama ini juga menjadi ajang promosi wisata setempat.

Tour de Romandie pertama kali diluncurkan pada 1947. Saat itu hanya ada empat hari balapan. Event ini menjadi agenda WorldTour sejak 2011. Sejak saat itu kemudian menjadi balapan enam hari.

Banyak tim menjadikan Tour de Romandie 2023 sebagai ujian utama untuk pembalapnya, sebelum melakoni Grand Tour pertama musim ini, Giro d'Italia.

Pembalap Irlandia Stephen Roche memegang rekor kemenangan GC terbanyak, yakni 1983, 1984 dan 1987. Total ada 12 pembalap yang pernah memenangkan dua kali Tour de Romandie. Salah satunya peraih gelar Tour de Romandie terdekat adalah Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Ia meraih juara pada 2018 dan 2019.

Selama bertahun-tahun, Tour de Romandie hanya sekali dibatalkan, yaitu pada 2020 akibat pandemi Covid-19. Tour de Romandie kembali digelar pada 2021. Geraint Thomas (Ineos Grenadiers) menjadi juaranya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rute Tour de Romandie dimulai dengan prolog berupa time trial singkat. Yang baru dari rute tahun ini adalah individual time trial ditempatkan di pertengahan balapan (stage 3). Selama ini individual time trial digelar di hari terakhir.

Tour de Romandie tahun ini tanpa Rohan Dennis. Pembalap Australia yang sudah mengmumkan bakal pensiun di akhir musim 2023 itu absen karena cedera. Padahal Rohan Dennis musim lalu masih bisa menempati posisi 8 di klasemen GC Tour de Romandie.

"Sayangnya saya tak bisa bergabung di Romandie tahun ini. Saya sakit dan tim memutuskan lebih baik beristirahat untuk pemulihan,” kata Dennis.(mainsepeda)


COMMENTS