Tour Basque Country 2023: Sergio Higuita Curi Kemenangan Bagioli

 

 

Sergio Higuita (Bora-Hansgrohe) mencuri podium pertama dari Andrea Bagioli (Soudal-Quickstep) di etape kelima di Tour Basque Country. Pertarungan sengit terjadi ketika balapan memasuki beberapa kilometer terakhir hingga seratus meter terakhir menjelang finis.

Etape ke-5 Basque Country berjarak 164,5km menuju Amorebieta. Rute ini didominasi rute tanjakan dengan rata-rata elevasi hingga 7,6%. Etape ini berlangsung sangat seru ketika beberapa kilometer menjelang finis.

Etape kelima ini mulai memanas setelah breakaway jarak jauh yang dilakukan duo dari Soudal-Quickstep yaitu Mattia Cattaneo dan Remi Cavagna ketika balapan tersisa 21km menjelang finis. Kemudian ketika tikungan terakhir atau sekitar 10,9km menjelang finis Vingegaard dan Attila Valter juga tampil agresif untuk Jumbo-Visma hingga menyebabkan patahan terjadi pada peloton ketika di tikungan terakhir menuju finis dengan jalan yang sempit dan berkelok.

Juara di etape sebelumnya Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) melaju melintasi garis di Amorebieta di urutan ke-10, beberapa posisi di depan Mikel Landa (Bahrain Victorious) yang membuntuti di belakangnya, dan keduanya akan melanjutkan pertempuran general classification (GC) mereka di balapan terakhir Basque Country.

Berkat keunggulan waktu yang dimiliki Vingegaard dan bonus waktu yang ia dapat hari ini, Pembalap berusia 26 tahun itu berhasil menambah waktu keunggulanya hingga 13 detik diatas Landa.

“Hari ini sebenarnya balapan yang sulit ditambah panas terik matahari, namun beruntung saya dibantu rekan tim akhirnya berhasil memisahkan diri dari peloton lalu melakukan sprint. Itu pertarungan yang cukup sulit, dan saya sangat berterima kasih karena memiliki rekan yang luar biasa” ujar pembalap asal Denmark itu setelah berhasil mempertahankan jersey kuningnya dilansir dari Velonews.

Di sisi lain ketika terjadi kemelut pada peloton yang terdiri dari 22 pembalap, Higuita berhasil mengambil celah di kelompok paling kanan dan melakukan sprint di 100 meter terakhir dan berhasil mencuri kemenangan dari Andrea Bagioli yang finis di urutan kedua dan Mattias Skjelmose (Trek-Segafredo) di urutan ketiga.

Kemenangan ini merupakan kemenangan etape yang kedua untuk Bora-Hansgrohe, kemenangan pertama mereka dapat ketika Ide Schelling meraih kemenangan di etape ke-2.

“Ini adalah etape yang sulit, namun saya tahu bahwa saya memiliki peluang yang bagus dan dapat meraih hasil terbaik. Di beberapa meter menjelang finis saya melihat peluang dan tahu saya harus mengambilnya”, ujar Higuita dilansir dari cyclingnews

“Saya sangat senang dapat memberikan kemenangan untuk tim dan memang selalu menyenangkan ketika meraih kemenangan. Kemenangan hari ini tentu juga menambah kepercayaan diri saya dan motivasi untuk tim”, tutup pembalap asal Kolombia itu. (Mainsepeda)

 

Hasil Etape 5 Tour Basque Country 2023 (Top Ten)

1. Sergio Higuita (COL), Bora–Hansgrohe,3h 59' 57"
2. Andrea Bagioli (ITA), Soudal–Quick-Step, + 0"
3. Mattias Skjelmose Jensen (DEN), Trek–Segafredo, + 0"
4. Matteo Sobrero (ITA), Team Jayco–AlUla, + 0"
5. Mauro Schmid (SUI), Soudal–Quick-Step, + 0"
6. Clément Champoussin (FRA), Arkéa–Samsic, + 0"
7. Ion Izagirre (ESP), Cofidis, + 0"
8. Felix Gall (AUT), AG2R Citroën Team, + 0"
9. Ruben Guerreiro (POR), Movistar Team, + 0"
10.Jonas Vingegaard (DEN), Team Jumbo–Visma, + 0"


General Classification (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (DEN), Team Jumbo–Visma,21'08'52"
2. Mikel Landa (ESP), Team Bahrain Victorious, + 13"
3. Mattias Skjelmose Jensen (DEN), Trek–Segafredo, + 32"
4. David Gaudu (FRA), Groupama–FDJ, + 32"
5. Matteo Sobrero (ITA), Team Jayco–AlUla, + 34"
6. Ion Izagirre (ESP), Cofidis, + 34"
7. Enric Mas (ESP), Movistar Team, + 37"
8. Sergio Higuita (COL), Bora–Hansgrohe, + 38"
9. Brandon McNulty (USA), UAE Team Emirates, + 39"
10.Simon Yates (GBR), Team Jayco–AlUla, + 40"

Ikuti keseruan East Java Journey 2023 dalam dua video dokumenter yang sudah tayang di bawah ini

Part 1


Part 2

Nantikan keseruan video EJJ 2023 kategori 1.200 Km yang siap tayang pekan ini


COMMENTS