Tour Basque Country 2023: Jonas Vingegaard Membungkam Kritik dengan Kemenangan

Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) berhasil menjadi pemenang di etape ketiga Tour Basque Country. Vingegaard berhasil membungkam beragam kritikan dengan kemenangan yang manis.

Beberapa media dan netizen beberapa hari kebelakang memang memberikan banyak kritik pada performa Vingegaard akhir-akhir ini. Kritik diberikan karena “The Dane” (julukan Vingegaard) tidak seperti kondisinya ketika memenangkan Tour de France pada 2022 lalu, bahkan beberapa media mengatakan bahwa Vingegaard seperti orang yang berbeda. Namun semua kritikan pedas itu berhasil dibungkam Vingegaard di race hari ini.

Kemenangan ini tentu tidak diraih dengan mudah oleh Vingegaard. Garis finis yang berada di tanjakan curam tentu menjadi tantangan tersendiri bagi cyclist ketika menuju garis finis etape ketiga di Tour Basque Country .

Etape ketiga Itzulia Basque Country dijuluki sebagai etape "tembok", dengan enam tanjakan kategori tiga sepanjang rute 162,8 km dari Errenteria menuju Amasa-Villabona , dan banyak lagi tanjakan sulit di mana elevasi mencapai sepuluh persen.

Jonas Vingegaard berhasil memanfaatkan kemelut yang terjadi beberapa meter menjelang finis. Tanjakan yang curam membuat beberapa cyclist sempat terhenti dan terjadilah kemelut, kemudian Vingegaard berhasil memanfaatkan celah itu untuk merangsek ke posisi pertama dan meninggalkan cyclist lain dibelakang.

Ini merupakan kemenangan pertama pembalap asal Denmark ini sejak Februari lalu, dan kemenangan ini berhasil menempatkan Namanya di posisi pertama general classification.

Mikel Landa (Bahrain-Victorious) finis kedua dan juga berhasil naik ke posisi kedua di general classification, sementara Enric Mas (Movistar) finis di posisi ketiga dan berada di posisi kelima pada general classification.

Keseruan dari balapan kali ini terjadi dimulai ketika 500 meter terakhir menjelang finis. Sergio Higuita (Bora-Hansgrohe) tampaknya mengalami masalah pada keseimbanganya dan membuat dirinya keluar dari pertarungan bersama Richard Carapaz (EF Education-EasyPost). Hal ini membuat beberapa cyclist mengurangi kecepatan untuk menghindari tabrakan.

James Knox (Soudal-Quickstep) dan Juan Pedro Lopez (Trek-Segafredo) sempat menjadi yang terdepan ketika di pendakian terakhir Amasa-Villabona, namun akhirnya mereka berhasil terkejar oleh peloton karena insiden di 500 meter terakhir dan ini memberi kesempatan bagi Vingegaard untuk menyerang dengan memanfaatkan celah yang ada.

Juara Tour de France 2022 itu sekarang memiliki keunggulan lima detik atas Landa di GC, ini menjadi aspek yang sangat penting melihat balapan sering berakhir dengan perbedaan jarak yang sangat sempit secara keseluruhan.

Jonas Vingegaard  setelah finis mengatakan bahwa dia akan terus berjuang hingga akhir balapan dan dia memberikan penghormatan juga kepada rekan satu timnya.

“Saya sangat senang meraih kemenangan hari ini karena ini juga salah satu balapan favorit saya, ini semua tentu berkat kerja keras yang juga dilakukan rekan tim saya. Bukan hanya hari ini, namun selama balapan berlangsung”, ucap Vingegaard dilansir dari cyclingweekly.

"Rute hari ini sangat sulit, tidak hanya saat pendakian terakhir, tetapi hampir di setiap pendakian. Ini adalah rute yang berat secara umum, beruntung saya memiliki rekan setim yang bagus”, tutup pembalap berusia 26 tahun tersebut. (Mainsepeda)

Tour Basque Country 2023, Etape 3 (top ten)
1. Jonas Vingegaard (Den) Jumbo-Visma, 3:51:58
2. Mikel Landa (Esp) Bahrain-Victorious, +2
3. Enric Mas (Esp) Movistar, "
4. Ion Izagirre (Esp) Cofidis, +8
5. David Gaudu (Fra) Groupama-FDJ, "
6. Mattias Skjelmose (Den) Trek-Segafredo, +10
7. Felix Gall (Aut) AG2R Citroën, +12
8. Andrea Bagiolo (Ita) Soudal Quick-Step, +13
9. Simon Yates (GBr) Jayco AlUla, "
10. Alex Aranburu (Esp) Movistar, "

General Classification Tour Basque Country (top ten)
1. Jonas Vingegaard (Den) Jumbo-Visma, 12:46:43
2. Mikel Landa (Esp) Bahrain-Victorious, +5
3. David Gaudu (Fra) Groupama-FDJ, +16
4. Ion Izagirre (Esp) Cofidis, +20
5. Enric Mas (Esp) Movistar, +21
6. Mattias Skjelmose (Den) Trek-Segafredo, +22
7. Matteo Sobrero (Ita) Jayco AlUla, +23
8. Alex Aranburu (Esp) Movistar, +25
9. Andrea Bagiolo (Ita) Soudal Quick-Step, +25
10. Simon Yates (GBr) Jayco AlUla, "

Ikuti keseruan East Java Journey 2023 dalam dua video dokumenter yang sudah tayang di bawah ini

Part 1


Part 2

Nantikan keseruan video EJJ 2023 kategori 1.200 Km yang siap tayang pekan ini


COMMENTS