Tour Basque Country 2023 : Kemenangan World Tour Pertama Bagi Ide Schelling

 Ide Schelling (Bora-Hansgrohe) berhasil meraih kemenangan di etape kedua Tour Basque Country, ini merupakan kemenangan World Tour pertama pembalap 25 tahun itu di sepanjang karirnya.

Etape kedua Basque Country berjarak 193,8 km dan elevasi tertinggi hingga 8,1%  dimulai dari Viana dan diakhiri  turunan tajam menuju Leitza . Rute terberat adalah kilometer terakhir menuju Leitza, dengan turunan yang curam membuat para cyclist mengeluhkan keselamatanya.

Schelling meraih kemenangan pertamanya di World Tour dengan sangat mulus. Dia memimpin perlombaan di 500 meter terakhir menjelang finis tanpa ada satupun pesaing disampingnya ketika melewati tikungan terakhir menju finis di Leitza.

Setelah finis berada di barisan para cyclist yang mengeluhkan betapa berbahayanya turunan curam di Leitza. “Sedikit aneh bahwa UCI mengizinkan rute yang berbaya seperti ini, membiarkan satu peloton penuh di turunan yanag curam tentu akan menimbulkan masalah keselamatan”, ujar Schelling dilansir dari cyclingnews.

“Saya beruntung bisa menemukan celah di beberapa kilometer terakhir, disaat sebagian besar tim memiliki keraguan untuk melakukan sprint setelah turunan yang curam justru saya menemukan celah untuk melakukan sprint disitu”, tambahnya.

Ini merupakan kemenangan world tour pertama bagi pembalap asal Belanda tersebut. Schelling pertama kali mengikuti world tour pada tahun 2020 sehingga butuh waktu hampir 3 tahun untuk meraih kemenangan pertamanya. Tidak ada yang menyangka Schelling akan memenangkan perlombaan hari ini, karena sebenarnya spesialisasinya di kategori one day race.

 

Hasil Etape 2 Tour Basque Country (Top Ten)

1. SCHELLING Ide, BORA - hansgrohe, 4:53:33 (+10)
2. SOBRERO Matteo, Team Jayco AlUla, +6
3. GAUDU David, Groupama - FDJ, +4
4. ARANBURU Alex, Movistar Team, +0    
5. MCNULTY Brandon, UAE Team Emirates, +0
6. BAGIOLI Andrea, Soudal - Quick Step, +0
7. URÁN Rigoberto, EF Education-EasyPost, +0
8. SCARONI Christian, Astana Qazaqstan Team, +0
9. GUGLIELMI Simon, Team Arkéa Samsic, +0
10. GUERREIRO Ruben, Movistar Team, +0

Point Classification Tour Basque Country (Top Ten)

1. ARANBURU Alex, Movistar Team, 28
2. SCHELLING Ide, BORA - hansgrohe, 25
3. HAYTER Ethan, INEOS Grenadiers, 25
4. SOBRERO Matteo,Team Jayco AlUla, 20
5. SCHMID Mauro, Soudal - Quick Step, 20
6. BARRENETXEA Jon, Caja Rural - Seguros RGA, 18
7. GAUDU David, Groupama - FDJ, 16
8. ABERASTURI Jon, Trek - Segafredo, 16
9. BAGIOLI Andrea, Soudal - Quick Step, 15
10.JOUSSEAUME Alan, TotalEnergies, 14

 

 

 

 

 

 

 

 

 


COMMENTS