Jonas Vingegaard Menjadi Favorit di Tour Basque Country

Juara Tour de France 2022 Jonas Vingegaard Rasmussen (Jumbo-Visma) menjadi favorit meraih podium di Tour Basque Country yang digelar 3 april 2023 hingga 8 april 2023 besok.

Tour Basque Country bukan hal baru bagi Vingegaard, sebelumnya ia sudah memiliki pengalaman di Tour Basque 2021 kala finis di posisi kedua tepat dibelakang rekan setimnya Primoz Roglic (Jumbo-Visma) yang berhasil menjadi juara pertama.  

Tour Basque Country adalah balapan yang diselenggarakan di Spanyol dan merupakan agenda UCI World Tour. Balapan dimulai dari Vitoria-Gasteiz dan berakhir di Eibar. Balapan ini terdiri dari enam etape dengan jarak total 992,5 km.

“The Dane” (julukan dari Vingegaard) diunggulkan di perlombaan kali ini bukan tanpa alasan, Vingegaard membuktikan kelasnya di tingkat World Tour pertama kali dikala ia memenangkan etape ke enam di Tour de Pologne 2019 mengalahkan Pavel Sivakov (Team Ineos) yang menjadi juara di Tour de Pologne 2019.

Pada 2021 Vingegaard kembali membuat kejutan ketika ia berhasil memenangkan etape ke 5 di UAE Tour. Ia berhasil mengalahkan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dan Adam Yates (Ineos Grenadiers) yang diunggulkan pada perlombaan itu. Di tahun yang sama ia berhasil menempati posisi kedua di Tour de France dibelakang Pogacar, tetapi di tahun berikutnya Vingegaard berhasil menjadi juara Tour de France 2022 sekaligus sukses memberikan gelar juara Tour de France pertama bagi timnya Jumbo-Visma.

Tour Basque Country besok akan menjadi pembuktian bagi Vingegaard mengingat di Paris-Nice lalu ia mengalami kekalahan telak dari Pogacar yang meraih posisi pertama. Ia tertinggal dibelakang Pogacar hingga 1 menit 39 detik dan berakhir di posisi ketiga pada overall classification.

“Saya tahu bahwa beberapa media berkata saya sudah habis setelah menjuarai Tour de France, mereka bahkan berkata bahwa saya bukan orang yang sama”, ujar Vingegaard dilansir dari EuroSport.

“Saya masih orang yang sama dan semua orang juga bebas berkata apapun. Tapi tidak akan ada yang mempengaruhi saya, dan saya sudah tidak sabar untuk balapan kedepan dan akan berusaha kembali menjadi nomor satu”, jelas Vingegaard.

Kemenangan di Tour Basque Country besok akan memberikan sinyal kepada semua orang bahwa Vingegaard kembali berada di jalur yang benar dan akan membungkam semua keraguan yang ditujukan padanya belakangan ini. (mainsepeda)


COMMENTS