Volta a Catalunya 2023: Groves Menang Lagi, Roglic di Ambang Juara Overall

Kaden Groves (Alpecin–Deceuninck) memperoleh kemenangan keduanya di Volta a Catalunya 2023. Pembalap asal Australia tersebut menang sprint di Etape 6 pada Sabtu (25/3). Sementara Primoz Roglic (Jumbo-Visma) selangkah lagi menjadi juara overall di ajang ini.

Tahapan ini membawa para pembalap melahap hilly stage dari Martorell menuju Molins de Rei. Panjang rutenya 174,1 km. Terdapat satu tanjakan, yakni Alt de la Creu d'Aragall yang harus ditaklukkan peloton. Tanjakan ini terletak di 30 km menjelang finis.

Pada awal lomba tim Soudal-QuickStep berusaha menempatkan Mattia Cattaneo dan Ilan Van Wilder di antara beberapa upaya breakaway. Hanya saja peloton sangat sigap di tahapan ini. Rombongan besar selalu berhasil menangkap para pembalap yang berusaha melarikan diri.

Insiden terjadi pada 90 km menuju finis. Egan Bernal yang menjadi leader Ineos Grenadiers, mengalami crash bersama tiga pembalap lainnya. Bernal benar-benar malang. Kejadian ini membuat rider asal Kolombia tersebut harus meninggalkan balapan. Belum ada keterangan mendetail dari Ineos Grenadiers terkait kondisi Bernal.


Egan Bernal harus angkat kaki usai mengalami kecelakaan di 90 km menuju finis

Setelah beberapa upaya breakaway yang gagal, enam pembalap berhasil melarikan diri di 67 km menjelang finis. Mereka adalah Fausto Masnada (Soudal-QuickStep), Carlos Verona (Movistar), Geoffrey Bouchard (AG2R Citroen), Oscar Onley (Team DSM), Simone Velasco (Astana Qazaqstan), dan Jonas Gregaard (Uno-X).

Mereka baru tertangkap rombongan besar saat nanjak di Alt de la Creu d'Aragall. Ini adalah tanjakan Kategori 2 sepanjang 5,6 km dengan gradien rata-rata 6,1 persen. Kemudian Marc Soler (UAE Team Emirates) pun beraksi. Ia tancap gas dan menjadi pembalap pertama yang mencapai puncak Alt de la Creu d'Aragall.

Roglic dan Remco Evenepoel (Soudal–QuickStep) juga tidak tinggal diam. Keduanya tidak mau membiarkan Soler bergerak sendirian di depan. Mereka langsung lepas landas usai mencapai puncak Alt de la Creu d'Aragall. Soler kembali ke peloton di sisa 18 km. Roglic dan Evenepoel tertangkap usai sprint di Palleja, 8 km terakhir.

Kemudian seluruh pembalap berada dalam rombongan besar. Masing-masing tim mulai mempersiapkan sprinter terbaiknya untuk beradu cepat mencapai finis. Kaden Groves kembali menjadi yang terbaik. Rider Australia ini finis pertama dengan catatan waktu 3 jam 50 menit 32 detik.

Groves mengalahkan Bryan Coquard (Cofidis) dan Ide Schelling (Bora–Hansgrohe) untuk mengunci kemenangan keduanya di Volta a Catalunya 2023. "Kemenangan pertama memang bagus. Akan tetapi, kemenangan kedua ini membuat saya sangat senang," kata Groves setelah lomba.

Hasil Etape 6 tidak berdampak apapun terhadap posisi Roglic di General Classification (GC). Pembalap 33 tahun ini masih bertengger di puncak GC. Unggul sepuluh detik dari Evenepoel. Ia tinggal selangkah lagi menjadi juara overall. Roglic hanya harus bertahan di etape pemungkas pada Minggu (26/3).

"Membalap melawan Remco tidak pernah membosankan. Kami mengharapkan sesuatu, dan kami berjaga-jaga saat ia menyerang. Masih ada satu etape lagi. Remco belum menyerah. Jadi kami juga harus waspada. Ini akan menjadi pertarungan dengan kekuatan penuh sejak start," bilang Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Volta a Catalunya 2023 (Top Ten)
1. Kaden Groves (Australia), Alpecin–Deceuninck 3 jam 50 menit 32 detik
2. Bryan Coquard (Prancis), Cofidis +0
3. Ide Schelling (Belanda), Bora–Hansgrohe +0
4. Maxim van Gils (Belgia), Lotto–Dstny +0
5. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal–QuickStep +0
6. Andreas Kron (Denmark), Lotto–Dstny +0
7. Dorian Godon (Prancis), AG2R Citroen +0
8. Patrick Konrad (Austria), Bora–Hansgrohe +0
9. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo–Visma +0
10. Finn Fisher-Black (Selandia Baru), UAE Team Emirates +0

General Classification usai 6 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo–Visma 25 jam 19 menit 52 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep +10
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +1:07
4. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates +1:54
5. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:55
6. Michael Woods (Kanada), Israel–Premier Tech     +1:59
7. Giulio Ciccone (Italia), Trek–Segafredo +2:02
8. Jai Hindley (Australia), Bora–Hansgrohe +2:07
9. Cian Uijtdebroeks (Belgia), Bora–Hansgrohe +2:28
10. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education–EasyPost +2:49

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 128
https://www.youtube.com/watch?v=vPPI10zB24Y

Foto: Getty Images


COMMENTS