Primoz Roglic (Jumbo-Visma) kini bisa tersenyum bahagia. Kiprahnya di Tirreno-Adriatico 2023 berbuah gelar juara. Pembalap asal Slovenia tersebut menjadi yang terbaik di Italia. Kemenangan ini sekaligus membangkitkan semangat yang sempat meredup menyusul cedera bahu pada musim lalu.

Mengingat partisipasinya yang tidak terprediksi, keberhasilan Roglic menjadi juara overall di Tirreno-Adriatico 2023 patut diapresiasi. Inilah kemenangan pertama Roglic sejak angkat kaki sebelum dimulainya etape 17 La Vuelta a Espana 2022 pada 7 September lalu.

Selain itu, inilah kemenangan pertama Roglic sejak masalah cedera bahu yang menghantuinya sepanjang musim lalu. Tak mengherankan jika Roglic amat sangat bahagia. Senyum merona terpancar di wajahnya ketika dinobatkan sebagai pemenang overall Tirreno-Adriatico 2023. Ini adalah gelar keduanya di ajang ini.

"Senang bisa kembali ke peloton dengan cara seperti ini. Tujuan utama saya adalah untuk mendapatkan ritme balapan di sini dan menderita. Saya berhasil melakukan keduanya. Bahwa saya juga akan meraih tiga kemenangan etape dan juara overall, saya tentu tidak menyangka," kata Roglic dalam laman resmi Jumbo-Visma.

Roglic memang nyaris tanpa lawan di Tirreno-Adriatico 2023. Tiga kemenangan etape menjadi buktinya. Selain itu, ia juga memuncaki klasemen akhir points classification dan mountains classification. Atas keberhasilan ini, Roglic mengucapkan terima kasih untuk keseluruhan tim Jumbo-Visma atas dukungan untuknya.

"Saya mungkin berada di podium sendirian. Saya sebenarnya harus berada di sana bersama seluruh tim. Orang-orang bekerja sangat keras sepanjang minggu untuk membantu saya mendapatkan kemenangan. Mereka pantas mendapatkannya seperti saya," tegas pembalap 33 tahun itu.

Selanjutnya, Roglic akan bersiap untuk tampil di Giro d'Italia yang akan dimulai pada awal Mei mendatang. Meski beberapa bulan terakhir tidak mudah, Roglic yakin ia telah belajar banyak. Ia tampak makin bijak menapaki usia 34 tahun pada Oktober nanti.

"Saya berada di jalur yang benar. Tetapi itu tidak berarti saya sudah berada di tempat yang saya inginkan. Anda harus terus berkembang dan itu memotivasi saya untuk lanjutkan. Masih banyak yang harus dikerjakan," terangnya.


Jasper Philipsen (Alpecin-Deceuninck) menang sprint di etape 7 Tirreno–Adriatico 2023

Sementara itu, etape pemungkas Tirreno–Adriatico 2023 menjadi milik Jasper Philipsen. Rider Alpecin-Deceuninck ini melibas rute sepanjang 154 km dengan catatan waktu 3 jam 32 menit 36 detik. Pembalap asal Belgia itu mengungguli Dylan Groenewegen (Team Jayco-AlUla) dan Alberto Dainese (Team DSM).

Ini merupakan kemenangan etape kedua untuk pembalap 25 tahun tersebut di Tirreno–Adriatico 2023. Sebelumnya, Philipsen menang sprint di etape 3 pada 8 Maret lalu. "Kami berhasil berada dalam posisi yang sangat baik berkat semua motivasi yang kami miliki dari tahap sprint sebelumnya," kata Philipsen. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 Tirreno–Adriatico 2023 (Top Ten)
1. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Deceuninck    3 jam 32 menit 36 detik
2. Dylan Groenewegen (Belanda), Team Jayco-AlUla +0
3. Alberto Dainese (Italia), Team DSM +0
4. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
5. Simone Consonni (Italia), Cofidis +0
6. Giacomo Nizzolo (Italia), Israel-Premier Tech +0
7. Jordi Meeus (Belgia), Bora-Hansgrohe +0
8. Clément Russo (Prancis), Arkaa-Samsic +0
9. Luca Colnaghi (Italia), Green Project-Bardiani CSF-Faizane +0
10. Fernando Gaviria (Kolombia), Movistar +0

Final General Classification (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 28 jam 38 menit 57 detik
2. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +18
3. Tao Geoghegan Hart (Britania Raya), Ineos Grenadiers +23
4. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +34
5. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +37
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +41
7. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +56
8. Hugh Carthy (Britania Raya), EF Education-EasyPost +57
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +1:10
10. Thibaut Pinot (Prancis), Groupama-FDJ +1:11

Points Classification
Primoz Roglic (Jumbo-Visma)

Mountains Classification
Primoz Roglic (Jumbo-Visma)

Young Rider Classification
Joao Almeida (UAE Team Emirates)

Team Classification
UAE Team Emirates

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 127

Foto: Getty Images, Cor Vos


COMMENTS