Tirreno-Adriatico 2023: Hat-trick Menang, Roglic di Ambang Juara Overall

Primoz Roglic menggila di Tirreno-Adriatico 2023. Leader tim Jumbo-Visma tersebut kembali naik podium di etape 6 pada Sabtu (11/3) malam waktu Indonesia. Ini merupakan kemenangan ketiganya secara beruntun di balapan ini. Serta makin memantapkan posisinya di puncak General Classification (GC).

Perlu diingat kembali, partisipasi Roglic di Tirreno-Adriatico 2023 sebenarnya tidak terprediksi. Apalagi pembalap asal Slovenia itu sempat berujar bahwa ia cuma membalap di Volta Ciclista a Catalunya sebelum tampil di Giro d'Italia 2023. Selain itu, Roglic juga baru pulih dari cedera bahu.

Akan tetapi, Roglic akhirnya turun di Tirreno-Adriatico. Meski baru sembuh, pembalap 33 tahun ini ingin menunjukkan kemampuan terbaiknya di lintasan. Guna memberikan kesuksesan bagi Jumbo-Visma. Performa apik itu membuahkan kemenangan di etape 4 dan 5.

Kemudian berlanjut di etape 6 pada Sabtu malam. Roglic naik podium lagi usai menang sprint di Osimo. Ia melahap rute sepanjang 193 km dengan catatan waktu 4 jam 49 menit 17 detik. Tao Geoghegan Hart (Ineos Grenadiers) dan Joao Almeida (UAE Team Emirates) finis kedua dan ketiga. Di belakang mereka ada Enric Mas (Movistar) dan Mikel Landa (Bahrain Victorious).

"Itu agak rumit karena ada banyak orang di sekitar saya di GC yang ikut menyerang. Oleh sebab itu saya amat bersyukur bisa memenangkan etape ini," kata Roglic usai balapan.

Kemenangan di etape 6 memperbesar peluang Roglic untuk menjuarai Tirreno-Adriatico 2023. Saat ini Roglic sedang duduk dengan manis di puncak GC. Joao Almeida membuntutinya di posisi kedua dengan selisih 18 detik. Sedangkan Tao Geoghegan Hart di peringkat ketiga dengan gap 23 detik.

Hasil lomba di etape 6 sekaligus mendekatkan Roglic dengan kemenangan keduanya di Tirreno-Adriatico. Roglic pernah menjuarai balapan ini pada 2019 silam. Namun Roglic tidak mau jemawa. Sebab event ini masih belum kelar. Tersisa satu tahapan yang harus dijalani.

Etape 7 akan berlangsung di San Benedetto del Tronto. Panjang rutenya 154 km. Para pembalap akan melewati sejumlah tanjakan di awal lomba. Kemudian disuguhi dengan medan flat mulai km 76,5 hingga finis. Roglic harus tampil all out di tahapan pemungkas ini.

Meski satu kaki sudah menggenggam gelar juara, Roglic tidak mau bertindak sembarangan. Sebab selisih dengan para rival, utamanya di sepuluh besar GC, sangat pendek. Untuk itu, ia siap mengeluarkan performa terbaiknya dalam tahapan pemungkas yang tuntas pada Minggu (12/3).

"Kami tahu dari pengalaman bahwa ini belum selesai sampai benar-benar selesai besok," tegas Roglič singkat.

Wajar jika Roglic tidak mauu sesumbar. Serta terkesan sangat hati-hati. Pasalnya ia pernah punya pengalaman menyedihkan di Paris-Nice 2021. Pada saat itu Roglic terpaksa kehilangan gelar juara overall setelah kecelakaan di etape terakhir. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Tirreno–Adriatico 2023 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 4 jam 49 menit 17 detik 
2. Tao Geoghegan Hart (Britania Raya), Ineos Grenadiers +0
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +0
4. Enric Mas (Spanyol), Movistar +0
5. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +0
6. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +3
7. Hugh Carthy (Britania Raya), EF Education-EasyPost +9
8. Michael Woods (Kanada), Israel-Premier Tech +9
9. Tom Pidcock (Britania Raya), Ineos Grenadiers +20
10. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +20

General Classification usai 6 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 25 jam 6 menit 21 detik
2. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +18
3. Tao Geoghegan Hart (Britania Raya), Ineos Grenadiers +23
4. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +34
5. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +37
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +41
7. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +56
8. Hugh Carthy (Britania Raya), EF Education-EasyPost +57
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +1:10
10. Thibaut Pinot (Prancis), Groupama-FDJ +1:11

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 127

Foto: Getty Images


COMMENTS