Paris-Nice 2023: Jumbo-Visma Berbahagia, Olav Kooij Menang Sprint di Etape 5

Olav Kooij melengkapi kebahagiaan Jumbo-Visma pada Kamis (9/3) malam waktu Indonesia. Kooij menang sprint di etape 5 Paris-Nice 2023. Ini merupakan kemenangan kedua Jumbo-Visma pada hari yang sama. Tepat satu jam sebelumnya ada Primoz Roglic memenangi Etape 4 di Tirreno-Adriatico 2023.

Tahapan ini melahap rute sepanjang 212,4 km. Balapan dimulai dari Saint-Symphorien-sur-Coise dan berakhir di Saint-Paul-Trois-Chateaux. Balapan akan dibuka dengan tiga tanjakan di awal lomba. Kemudian peloton akan nanjak lagi di 30 km menjelang finis.

Kali ini Kooij tidak membuang kesempatan untuk menjadi yang terbaik. Pembalap 21 tahun itu tersebut menang sprint dengan catatan waktu 5 jam 19 menit 54 detik. Tak tanggung-tanggung, ia mengungguli mantan juara dunia Mads Pedersen (Trek-Segafredo) dan juara nasional Belgia Tim Merlier (Soudal-QuickStep).

"Ini bagus. Saya memenangkan beberapa balapan pada tahun lalu. Tapi sejauh ini, inilah yang terbaik," ungkap Kooij selepas lomba.

Lalu pembalap asal Belanda tersebut menceritakan tentang caranya memenangkan tahapan ini. Dalam kilometer pemungkas itu, Kooij dipandu dengan baik oleh rekan setimnya di Jumbo-Visma, Edoardo Affini. Menurut Kooij, Affini lah yang membuka jalan untuknya saat ia merasa tidak dalam posisi terbaik.

"Edoardo menempatkan saya di depan dengan sempurna. Dan saya berhasil melewati Pedersen. Kemenangan ini sangat berarti bagi saya. Itu adalah salah satu tujuan saya untuk musim semi ini," ungkapnya.

Kooij mengalami peningkatan pesat sejak dipromosikan ke tim senior pada musim 2021. Ia pernah memenangi etape pembuka di Tour de Pologne 2022. Ini adalah kemenangan pertamanya di WorldTour. Setahun kemudian, ia menang di Paris-Nice yang dijuluki Tour de France mini.

Performa Kooij pada musim 2023 juga tidak kalah bagus. Ia selalu kompetitif dalam adu sprint. Hanya saja dewi fortuna masih belum berpihak kepadanya di Volta a la Comunitat Valenciana dan UAE Tour. Kemenangan yang dinantikan baru tercipta di Paris-Nice 2023.

"Sangat keren bahwa saya sekarang melakukannya di level tertinggi," ucapnya bangga.

Sementara itu, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih bertahan di puncak General Classification (GC) dan berhak atas jersey kuning. Pembalap asal Slovenia ini ditempel ketat David Gaudu (Groupama-FDJ) dan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma). (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Paris-Nice 2023 (Top Ten)
1. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma 5 jam 19 menit 54 detik
2. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
3. Tim Merlier (Belgia), Soudal-QuickStep +0
4. Matteo Trentin (Italia), UAE Team Emirates +0
5. Max Kanter (Jerman), Movistar +0
6. Bryan Coquard (Prancis), Cofidis +0
7. Sam Bennett (Irlandia), Bora-Hansgrohe +0
8. Arne Marit (Belgia), Intermarché-Circus-Wanty +0
9. Hugo Page (Prancis), Intermarché-Circus-Wanty +0
10. Cees Bol (Belanda), Astana Qazaqstan +0

General Classification usai 5 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 17 jam 14 menit 52 detik
2. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +6
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +46
4. Simon Yates (Britania Raya), Team Jayco-AlUla +58
5. Gino Mader (Swiss), Bahrain Victorious +1:21
6. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +1:42
7. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +1:42
8. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +1:44
9. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +1:45
10. Matteo Sobrero (Italia), Team Jayco-AlUla +1:56

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 127

Foto: Team Jumbo-Visma


COMMENTS