Tirreno-Adriatico 2023: Roglic Menang Uphill Sprint di Etape 4

Hari yang luar biasa untuk Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Pembalap asal Slovenia ini finis pertama di Etape 4 Tirreno-Adriatico 2023, Kamis (9/3) malam waktu Indonesia. Ini merupakan kemenangan pertama dalam lomba perdananya pada musim ini.

Kemenangan ini memang begitu dinantikan oleh Roglic maupun tim Jumbo-Visma. Apalagi setelah musim yang buruk pada tahun lalu. Roglic dua kali gagal juara di Tour de France dan La Vuelta a Espana 2022. Tak hanya itu saja, ia juga harus naik ke meja operasi untuk membereskan cedera bahu.

Usai rentetan kegagalan pada musim lalu, dengan torehan tiga kemenangan etape dan dua kemenangan overall, membuat Roglic terdepak dari tim proyeksi Tour de France 2023. Sebagai gantinya, ia "dibuang" ke Giro d'Italia. Lalu, jika situasi memungkinkan, Roglic balapan di La Vuelta a Espana 2023.

Sebelum tampil di kedua Grand Tour itu, Roglic pemanasan di Tirreno-Adriatico 2023. Sejatinya partisipasinya di event di Italia itu tidak terprediksi. Sebab, Roglic mengungkapkan hanya ada satu balapan yang akan dilakoni sebelum Giro. Lomba itu adalah Volta Ciclista a Catalunya.

Tak mengherankan jika banyak pihak yang terkejut ketika namanya tercantum dalam list tim Jumbo-Visma untuk ajang ini. Tak ada target khusus. Roglic hanya ingin menjadikan event ini hanya untuk pemanasan. Sekaligus mengukur tubuhnya yang sempat hancur lebur pada musim lalu.

Roglic pun berhasil membuat kejutan. Ia finis pertama di Etape 4 pada Kamis malam waktu Indonesia. Tahapan ini merupakan yang terpanjang di ajang Tirreno–Adriatico 2023. Panjang rutenya 218 km. Para pembalap start dari Greccio. Kemudian berlomba dalam uphill finish di Tortoreto.

Roglic berhasil finis pertama dengan catatan waktu 5 jam 4 detik. Ia mengungguli Julian Alaphilippe (Soudal-QuickStep) dan Adam Yates (UAE Team Emirates). "Rencana kami memang merebut kemenangan di etape ini. Tapi saya bukanlah opsi pertama," aku Roglic.

Pembalap 33 tahun ini mengatakan, seharusnya Wout van Aert lah yang menjadi andlaan di tahapan ini. Akan tetapi, rider asal Belgia itu mengalami kecelakaan bersama Tom Pidcock (Ineos Grenadiers) di pendakian terakhir di Tortoreto.

"Biasanya, kami memilih Wout, tapi ia kurang beruntung. Saya hanya beruntung bahwa saya sedikit lebih di sisi kiri. Jadi saya menghindari kecelakaan itu. Kami dengan cepat mengubah rencana dan pada akhirnya saya bisa memenangkannya," ungkap Roglic.

Hasildi Etape 4 mengubah struktur pembalap yang menghuni sepuluh besar General Classification. Filippo Ganna (Ineos Grenadiers) turun tahta. Posisinya digantikan Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe). Rider asal Jerman ini dibuntuti Roglic dan Joao Almeida (UAE Team Emirates) dengan gap kurang dari sepuluh detik.

Berikutnya, Etape 5 akan menghadirkan mountain stage satu-satunya di Tirreno–Adriatico tahun ini. Panjang rutenya 168 km. Peloton akan start dari Morro d'Oro. Finisnya di puncak Sarnano-Sassotetto yang memiliki gradien maksimal 9,8 persen dengan panjang 13,1 km. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tirreno–Adriatico 2023 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 5 jam 4 detik
2. Julian Alaphilippe (Prancis), Soudal-QuickStep +0
3. Adam Yates (Britania Raya), UAE Team Emirates +0
4. Wilco Kelderman (Belanda), Jumbo-Visma +0
5. Tao Geoghegan Hart (Britania Raya), Ineos Grenadiers +0
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +0
7. Victor Lafay (Prancis), Cofidis +0
8. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +0
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +0
10. Hugh Carthy (Britania Raya), EF Education-EasyPost +0

General Classification usai 4 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe 15 jam 38 menit 46 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +6
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +8
4. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +13
5. Wilco Kelderman (Belanda), Jumbo-Visma +15
6. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +17
7. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +18
8. Tao Geoghegan Hart (Britania Raya), Ineos Grenadiers +19
9. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +26
10. Enric Mas (Spanyol), Movistar +27

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 127

Foto: Jumbo-Visma


COMMENTS