Remco Evenepoel Juara UAE Tour 2023

Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) menjadi juara baru di UAE Tour 2023. Juara dunia road 2022 ini menjadi pemenang overall meski finis kedua di Etape 7 pada Minggu (26/2) malam. Sementara itu, Adam Yates (UAE Team Emirates) menjadi pemenang di Etape 7. Yates finis pertama di Jebel Hafeet.

Etape 7 merupakan panggung penentu siapa pemenang UAE Tour tahun ini. Balapan dimulai dari Hazza Bin Zayed Stadium. Finis di puncak Jebel Hafeet. Panjang rutenya 153 km. Tahapan ini merupakan mountain stage kedua di UAE Tour 2023. Sebelumnya para pembalap ditantang untuk menaklukkan tanjakan di Jebel Jais.

Sejak bendera start dikibarkan, Remco Evenepoel sudah menjadi unggulan. Akan tetapi, pembalap asal Belgia itu gagal meraih kemenangan di Etape 7. Evenepoel gagal bersaing dengan Adam Yates. Member UAE Team Emirates itu finis pertama dengan catatan waktu 3 jam 29 menit 42 detik.

Adam Yates (UAE Team Emirates) finis pertama di Etape 7 UAE Tour 2023

Evenepoel menyusul di posisi kedua dengan selisih sepuluh detik. Sementara Geoffrey Bouchard dari AG2R Citroen menempati ranking ketiga dengan gap 42 detik.

"Taktiknya adalah tancap gas di bagian bawah tanjakan. Kami tidak akan rugi apa-apa," kata Yates. "Saya menyerang cukup awal. Tetapi saya tahu bahwa saya harus berusaha sangat keras untuk melampaui para pesaing. Akhirnya saya berhasil melakukannya," imbuh mantan pembalap Ineos Grenadiers itu.

Sementara itu, Evenepoel mengaku berusaha keras untuk bersaing dengan Yates. Akan tetapi, pada satu titik ia sudah di ambang batas. Pada akhirnya Evenepoel hanya berusaha untuk bertahan di atas roda. Ia harus merelakan posisi pertama kepada Yates. Dan berpuas diri dengan tempat kedua.

"Saya pikir saya semakin dekat menjelang finis. Tetapi kemudian kaki saya kehabisan energi karena kami melaju sangat cepat saat mendaki," akunya.

Finis kedua di Etape 7 cukup untuk memastikan Evenepoel menjadi juara overall di UAE Tour 2023. Pembalap muda Australia Luke Plapp (Ineos Grenadiers) berada di tempat kedua dengan selisih 59 detik. Sementara Adam Yates (UAE Team Emirates) duduk di posisi ketiga dengan gap satu menit.

"Saya sangat bangga memenangkan balapan yang indah ini. Juga karena istri saya orang Maroko. Jadi saya pikir ini sangat spesial baginya dan bagi saya untuk memenangkan balapan di Emirates. Saya pikir saya bisa pulang dengan perasaan yang sangat baik," kata Evenepoel penuh bahagia. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 UAE Tour 2023 (Top Ten)
1. Adam Yates (Britania Raya), UAE Team Emirates 3 jam 29 menit 42 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep +10
3. Geoffrey Bouchard (Prancis), AG2R Citroen +42
4. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +47
5. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +54
6. Lucas Plapp (Australia), Ineos Grenadiers +54
7. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +1:16
8. Antonio Tiberi (Italia), Trek-Segafredo +1:16
9. Ben Zwiehoff (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:25
10. Michael Storer (Australia), Groupama-FDJ +1:25

Final General Classification (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep 23 jam 25 menit 26 detik
2. Luke Plapp (Australia), Ineos Grenadiers +59
3. Adam Yates (Britania Raya), UAE Team Emirates +1:00
4. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +1:03
5. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +2:06
6. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +2:18
7. Antonio Tiberi (Italia), Trek-Segafredo +2:33
8. Ben Zwiehoff (Jerman), Bora-Hansgrohe +2:38
9. Emanuel Buchmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +2:38
10. Harm Vanhoucke (Belgia), Team DSM +2:40

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Getty Images


COMMENTS