UAE Tour 2023: Molano Menang Sprint, Evenepoel Bertahan di Puncak GC


Juan Sebastian Molano (kiri) menjadi yang tercepat dalam adu sprint di Dubai Harbour, Kamis (23/2)

Ada banyak pembalap Belanda dalam kelompok terdepan saat adu sprint di Dubai Harbour, Kamis (23/2) malam waktu Indonesia. Namun, tidak satu pun di antaranya yang berhasil finis pertama di Etape 4 UAE Tour 2023. Adalah Juan Sebastian Molano (UAE Team Emirates) yang sukses menjadi pemenang di tahapan ini.

Setelah nanjak di Jebel Jais di Etape 3, para climber mendapatkan waktu untuk beristirahat di Etape 4. Tahapan ini memang sangat cocok untuk para sprinter. Sebab medannya benar-benar flat. Para pembalap melalui rute sepanjang 174 km. Mereka start dari Al Shindagha menuju Dubai Harbour.

Tiga rider melarikan diri dari awal lomba. Mereka adalah Alex Baudin dari AG2R Citroen. Serta dua member tim Green Project-Bardiani CSF-Faizane, yakni Alessandro Tonelli dan Samuele Zoccarato. Meski sempat unggul tiga menit, namun mereka kembali ke peloton ketika tiba di Jumeirah Palm. Beberapa saat sebelum sprint di Dubai Harbour.

Kelompok terdepan benar-benar padat. Masing-masing tim telah menempatkan pelari terbaiknya di sisa 800 meter. Fernando Gaviria (Movistar) menyerang di 200 meter terakhir. Akan tetapi, upaya pembalap Kolombia ini gagal membuahkan hasil. Sebab pembalap lain langsung bereaksi dan berhasil menyalip Gaviria.

Kemudian Sam Welsford (Team DSM) memimpin. Rider Australia itu ditempel Tim Merlier (Soudal-QuickStep). Namun Olav Kooij (Jumbo-Visma) dan Molano berhasil memanfaatkan celah. Kooij menyerang dari kiri. Sedangkan Molano menemukan ruang dari sisi kanan.

Para pelari cepat itu nyaris finis bersamaan. Molano dinyatakan sebagai pemenang. Pembalap Kolombia ini finis dengan catatan waktu 3 jam 50 menit 1 detik. Kooij dan Welsford finis kedua dan ketiga. "Ini kemenangan yang bagus untuk saya dan untuk tim," kata Molano.

Hasil lomba di Etape 4 tidak berpengaruh ke posisi pembalap di General Classification (GC). Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) masih bertengger di puncak. Juara dunia road 2022 ini ditempel Luke Plapp (Ineos Grenadiers) dan Pello Bilbao (Bahrain Victorious).

Selanjutnya, Etape 5 UAE Tour 2023 masih akan menjadi santapan empuk bagi para sprinter. Balapan akan dimulai dari Al Marjan Island dan finis di Umm al Quwain pada JUmat (24/2). Panjang rutenya 170 km. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 UAE Tour 2023 (Top Ten)
1. Juan Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates 3 jam 50 menit 1 detik
2. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +0
3. Sam Welsford (Australia), Team DSM +0
4. Arvid De Kleijn (Belanda), Tudor Pro Cycling +0
5. Dylan Groenewegen (Belanda), Jayco-AlUla +0
6. Danny van Poppel (Belanda), Bora-Hansgrohe     +0
7. Marijn van den Berg (Belanda), EF Education-EasyPost +0
8. Sam Bennett (Irlandia), Bora-Hansgrohe +0
9. Tim Merlier (Belgia), Soudal-QuickStep +0
10. Jon Aberasturi (Spanyol), Trek-Segafredo +0

General Classification usai 4 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep 12 jam 17 menit 23 detik
2. Luke Plapp (Australia), Ineos Grenadiers +7
3. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +11
4. Stefan de Bod (Afrika Selatan), EF Education-EasyPost +1:01
5. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +1:04
6. Harm Vanhoucke (Belgia), Team DSM +1:10
7. Andreas Leknessund (Norwegia), Team DSM +1:10
8. Einer Rubio (Kolombia), Movistar +1:11
9. Georg Steinhauser (Jerman), EF Education-EasyPost +1:11
10. Adam Yates (Britania Raya), UAE Team Emirates +1:12

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Getty Images


COMMENTS