UAE Tour 2023: Soudal-QuickStep Menang TTT di Etape 2

Soudal-QuickStep tampil kompak di Etape 2 UAE Tour 2023 pada Selasa (21/2) malam waktu Indonesia. Remco Evenepoel dan kolega berhasil finis pertama dalam lomba team time trial (TTT) di Khalifah Port. Skuad asal Belgia itu mengungguli EF Education EasyPost dan Ineos Grenadiers.

Hari kedua UAE Tour 2023 menyajikan balapan time trial di rute sepanjang 17,3 kilometer. Sebanyak 20 tim peserta menurunkan seluruh pembalapnya. Mereka saling beradu cepat untuk mencatat hasil terbaik. Rutenya memang didominasi oleh medan flat dengan suhu rata-rata 23 derajat celsius.

Hasilnya, Soudal-QuickStep berhasil mencatat waktu terbaik dengan 18 menit dan 17 detik. Pasukan Serigala, begitu mereka disebut, menurunkan Remco Evenepoel, Josef Cerny, Mauro Schmid, Louis Vervaeke, Bert Van Lerberghe, Tim Merlier dan Pieter Serry.

"Kami sebenarnya tidak berekspektasi bisa lebih cepat dari EF. Sebab fokus kami adalah General Classification," kata Evenepoel tentang kemenangan timnya di Etape 2.

Soudal-QuickStep finis tercepat dalam lomba TTT di Etape 2 UAE Tour 2023

Tempat kedua diisi EF Education EasyPost dengan selisih satu detik saja. Tim asal Amerika Serikat itu diperkuat Andrey Amador, Diego Camargo, Stefan de Bod, Georg Steinhauser, Marijn van den Berg, Simon Carr, dan Lukasz Wisniowski.

Terdapat Ineos Grenadiers di posisi ketiga dengan selisih tiga detik. Tim mapan asal Britania Raya itu menurunkan Elia Viviani, Kim Heiduk, Lucas Plapp, Ben Tulett, Joshua Tarling, Ben Swift, dan Cameron Wurf. "Sebelum start, kami melihat Ineos memiliki waktu yang sangat baik. Jadi untuk dapat memenangkan etape ini sangat luar biasa, menurut saya," imbuh Evenepoel.

Juara dunia road 2022 ini menjelaskan, tim Soudal-QuickStep hanya menjalankan rencana yang sudah disusun. Mereka begitu disiplin dan kompak. Sehingga dapat meraih hasil sempurna di Etape 2 ini. "Kami menang dengan keunggulan satu detik. Ini adalah kemenangan TTT pertama dalam karier saya," ungkapnya.

Luke Plapp melesat ke puncak General Classification (GC) selepas berakhirnya Etape 2 UAE Tour 2023

Meski berhasil merebut kemenangan di Etape 2, Soudal-QuickStep harus kehilangan jersey merah sebagai simbol pemuncak GC. Tim Merlier yang sempat di puncak, melorot ke posisi kesembilan. Sedangkan tempat pertama di GC dithuni pembalap muda Australia Luke Plapp (Ineos Grenadiers).

Pembalap 22 tahun ini duduk manis di tabel GC saat ini. Ia ditempel Evenepoel yang kini duduk di peringkat kedua. Dilansir Cyclingnews, Plapp mengaku tidak menyangka bisa berada di puncak GC. Ia berhak mengenakan jersey merah ketika memulai Etape 3 pada Rabu (22/2) besok.

"Saya tidak menyadari bahwa saya memimpin GC sampai mereka mengumumkan hasilnya. Tetapi selisih waktunya sangat dekat. Anda dapat melihat bahwa saya dan Remco memiliki catatan waktu yang sama," sebut mantan member tim InForm TMX MAKE tersebut.

"Lihat, ini adalah disiplin terbaik dalam bersepeda. Ini favorit saya. Saya pikir orang tidak menyadari betapa menariknya hal itu. Tidak pernah ada selisih waktu yang besar di nomor ini," imbuh Plapp.

Selanjutnya, Etape 3 akan berlangsung dari Umbrella Beach Al Fujairah menuju Jebel Jais. Panjang rutenya 185 km. Para rider akan ditantang untuk finis di puncak Jebel Jais. Ini adalah tanjakan sepanjang 19 km dengan gradien rata-rata 5,6 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 UAE Tour 2023 (Top Ten)
1. Soudal-QuickStep 18 menit 17 detik
2. EF Education EasyPost +1
3. Ineos Grenadiers +3
4. Bahrain Victorious +4
5. Jayco–AlUla +5
6. Team DSM +10
7. Bora–Hansgrohe    +15
8. UAE Team Emirates +16
9. Astana Qazaqstan +17
10. Trek–Segafredo +19

General Classification usai 2 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Luke Plapp (Australia), Ineos Grenadiers 3 jam 35 menit 50 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep +0
3. Nikias Arndt (Jerman), Bahrain Victorious +3
4. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +4
5. Mark Cavendish (Britania Raya), Astana Qazaqstan +15
6. Cees Bol (Belanda), Astana Qazaqstan +21
7. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +23
8. Bert Van Lerberghe (Belgia), Soudal-QuickStep +29
9. Tim Merlier (Belgia), Soudal-QuickStep +30
10. Jarrad Drizners (Australia), Lotto Dstny +50

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Getty Images


COMMENTS