Akhirnya ada pembalap Australia yang naik podium di Tour Down Under 2023. Adalah mantan juara dunia time trial Rohan Dennis yang finis tercepat di Etape 2 pada Kamis (19/1) siang. Ini adalah kemenangan pertamanya di ajang WorldTour sejak bergabung dengan tim Jumbo-Visma pada 2022 lalu.

Jumbo-Visma terkena dampak dari serangkaian crash yang terjadi di Etape 1 pada Rabu (18/1) kemarin. Skuad asal Belanda itu harus kehilangan pembalap veteran Robert Gesink karena mengalami kecelakaan di 25 kilometer menjelang finis.

Dennis membayar lunas insiden itu dengan merebut kemenangan di Etape 2, Kamis siang. Rider asli Australia ini menyelesaikan rute sepanjang 154,8 kilometer dalam waktu 4 jam 40 detik. Jay Vine (UAE Team Emirates) dan Mauro Schmid (Soudal QuickStep) finis kedua dan ketiga dengan selisih dua detik.

"Saya baru saja berjuang melewati tanjakan untuk melewati Jai (Hindley) dan Yatesy (Simon Yates). Dari sana saya terus berjuang. Sekaligus berharap Yatesy tidak melancarkan serangan," ungkap Dennis selepas lomba.

Etape 2 Tour Down Under 2023 menempuh rute sepanjang 154,8 kilometer. Pembalap start dari Brighton menuju Victor Harbor. Tahapan ini memiliki dua tantangan utama. Yakni tanjakan Kategori 2 di Parawa Hill dan Kategori 1 di Nettle Hill.

Para pembalap melalui rute di dekat Pantai Aldinga di sisi selatan Adelaide pada Kamis (19/1)

Dennis berada di rombongan terdepan selepas nanjak di Nettle Hill. Ia bergabung dengan empat nama lainnya. Mulai dari Yates, Hindley, Jay Vine, dan Mauro Schmid. Dennis mulai meninggalkan grup kecilnya di kilometer terakhir. Ia tidak terkejar hingga finis pertama di tahapan ini.

"Saya sebenarnya tidak berekspektasi untuk finis pertama. Sebab saya pikir tahapan ini memiliki tanjakan sulit dan tricky. Jadi, sangat sulit bagi tim kami untuk mengontrolnya. Saya bersyukur berhasil mengakhiri etape ini dengan baik," sebut mantan pembalap Ineos Grenadiers itu.

Kemenangan ini begitu diidam-idamkan oleh Dennis. Sejak bergabung dengan Jumbo-Visma pada 2022 lalu, rider 32 tahun ini kering prestasi di WorldTour. Bahkan ia terpinggirkan dari skuad Jumbo-Visma untuk Tour de France tahun lalu. Sebagai gantinya, Dennis diturunkan di La Vuelta a Espana 2022.

Kemenangan di Etape 2 mengantarkan Rohan Dennis memuncaki General Classification (GC)

Kontrak Dennis akan habis pada Desember nanti. Kemenangan di kandang sendiri melambungkan harapan untuk meraih prestasi lebih baik pada musim ini. Apalagi mantan member Ineos Grenadiers tersebut melesai ke puncak General Classification (GC). Ia unggul tiga detik dari Jay Vine.

Selanjutnya, Etape 3 akan dimulai dari Norwood menuju Campbelltown. Peloton akan menempuh rute sepanjang 116,8 kilometer. Meski pendek, peloton harus mendaki di tanjakan Kategori 2 di Ashton Hill. Serta menaklukkan tanjakan Kategori 1 di Corkscrew. Ini adalah tanjakan sepanjang 2,4 kilometer dengan gradien rata-rata 8,9 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tour Down Under 2023 (Top Ten)
1. Rohan Dennis (Australia), Jumbo-Visma 4:00:40
2. Jay Vine (Australia), UAE Team Emirates +2
3. Mauro Schmid (Swiss), Soudal QuickStep +2
4. Simon Yates (Inggris), Jayco-AlUla +2
5. Jai Hindley (Australia), Bora-hansgrohe +5
6. Caleb Ewan (Australia), Tim Nasional Australia +11
7. Emils Liepins (Latvia), Trek-Segafredo +11
8. Corbin Strong (Selandia Baru), Israel-Premier Tech +11
9. Kaden Groves (Australia), Alpecin-Deceuninck +11
10. Paul Penhoet (Prancis), Groupama-FDJ +11

General Classification usai 2 etape dari 5 etape (Top Ten)
1. Rohan Dennis (Australia), Jumbo-Visma 7:44:41
2. Jay Vine (Australia), UAE Team Emirates +3
3. Magnus Sheffield (Amerika Serikat), Ineos Grenadiers +12
4. Mauro Schmid (Swiss), Soudal QuickStep +13
5. Corbin Strong (Selandia Baru), Israel-Premier Tech +14
6. Hugo Page (Prancis), Intermarche-Circus-Wanty +14
7. Kaden Groves (Australia), Alpecin-Deceuninck +15
8. Marius Mayrhofer (Jerman), Team DSM +17
9. Nikias Arndt (Jerman), Bahrain Victorious +19
10. Miles Scotson (Australia), Groupama-FDJ +20

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 122

Foto: Getty Images, Jumbo-Visma


COMMENTS