Sumber Cycling Club (SCC) Mojokerto dimulai pada Agustus 2021. Nama tersebut diambil dari nama toko sepeda miliki Anton Sugiarto di Mojokerto. Anton merupakan founder dari SCC. Sekaligus menjadi generasi kedua dari pemilik toko sepeda tersebut.

Anton bercerita, pada saat itu mereka sempat kebingungan mencari nama. Kebetulan ia memiliki toko yang sudah berusia hampir empat dekade. "Jadi, ya sudah kami akhirnya menggunakan nama Sumber Cycling Club itu," ungkap Anton.

Pada mulanya jumlah anggota SCC masih bisa dihitung dengan jari. Mereka sama-sama baru mulai gowes sejak pandemi Covid-19. Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah anggota mereka pun meningkat. Mereka berasal dari berbagai kalangan pengusaha di Mojokerto.

Secara pribadi, Anton mengaku bahwa ia sebelumnya memang tidak rutin bersepeda. Bisa dibilang ia dan anggota SCC adalah cyclist produk pandemi. Lambat laun mereka mulai serius gowes. Mereka juga menjajal banyak rute. Serta mengikuti berbagai event. Salah satunya Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022.

SCC memiliki jadwal gowes rutin mingguan. Setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Rata-rata mereka menempuh 70-80 kilometer tiap Selasa dan Kamis. Dengan rute favorit ke Jatijejer dan Siman. Kemudian tiap akhir pekan mereka long ride ke daerah Nongkojajar.

Sejumlah member SCC Mojokerto yang berpartisipasi di Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022

Latihan mereka akhir-akhir ini makin intens. Sebab, beberapa anggota SCC akan mengikuti Kediri Dholo KOM Challenge yang diselenggarakan pada 3-4 Desember mendatang. Anton merupakan salah satu di antaranya.

Meski Mojokerto cukup dekat dengan Kediri, Anton mengaku penasaran dengan Kelok 9 di Dholo karena belum pernah ke sana. "Ini baru kali pertama kami gowes ke Dholo. Persiapannya ya gowes rutin saja. Kami memang tidak cari podium. Yang penting bisa finish strong," terang cyclist 38 tahun itu.

SCC memang menyukai gowes beramai-ramai. Mereka sangat menikmati event-event sepeda. Niatnya tahun depan semua anggota SCC akan daftar Bromo KOM Challenge. Saya sendiri memang ikut terus dari Bromo dan Ijen. Sekarang giliran ke Dholo," terang Anton.

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 113

Foto: Dokumentasi SCC Mojokerto


COMMENTS