Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022 telah dimulai. Sebanyak 350 Peserta start dari Pendopo Sabha Swagata Blambangan pada Sabtu, 24 September 2022. Bupati Ipuk Fiestiandani berharap peserta menikmati Banyuwangi. Kemudian kembali lagi ke kota ini di lain hari.

Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022 sangat semarak. Diikuti peserta dari berbagai komunitas yang tersebar di 73 kota dan kabupaten dan 21 provinsi di Indonesia. Yang menarik, banyak peserta mengaku baru kali pertama gowes di kota di ujung Timur Pulau Jawa tersebut.

"Selamat datang di Banyuwangi. Bagi yang baru kali pertama ke Banyuwangi, semoga bisa menikmati kota ini. Mudah-mudahan ini bukan kehadiran yang pertama. Semoga selanjutnya bisa datang kembali ke Banyuwangi untuk bersepeda," ucap Bupati Ipuk dalam sambutannya.

Dia menambahkan, Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022 bukan sekadar meningkatkan kunjungan pariwisata. Katanya, ini adalah bagian dari konsolidasi Banyuwangi untuk menggerakkan moda sosial yang ada di kota berjuluk Sunrise of Java tersebut.

"Mudah-mudahan Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022 berjalan lancar. Teman-teman selalu sehat dan selamat sampai finis," harapnya.

Bupati Ipuk Fiestiandani memberangkatkan peserta di Pendopo Sabha Swagata Blambangan

Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022 menempuh total jarak 105,8 kilometer. Peserta start dari Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Melewati Kecamatan Rogojampi, Genteng dan Gambiran. Menuju De Djawatan Forest yang akan menjadi lokasi pit stop. Jaraknya sekitar 52 kilometer dari titik start.

Setelah beristirahat di De Djawatan, peserta kembali ke utara Banyuwangi. Menuju Kantor Bupati Banyuwangi. Jaraknya 27 kilometer dari De Djawatan. Kantor Bupati Banyuwangi menjadi area untuk regrouping sekaligus water station di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 nanti.

Dari Kantor Bupati Banyuwangi, peserta harus bersiap menghadapi segmen tanjakan. Peserta melaju menuju titik start KOM di Patung Barong. Kemudian nanjak melalui Kalibendo menuju garis finis di Gantasan. "Selamat menikmati Banyuwangi. Sebab Anda mungkin tidak bisa santai pada kilometer terakhir. Dijamin itu," bilang Azrul Ananda, founder Mainsepeda.com. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 109

Foto: Rio Saputra


COMMENTS