Mimpi apa Tobias Foss semalam. Pembalap asal Norwegia ini mengukuhkan diri sebagai juara dunia Individual Time Trial (ITT) 2022. Anggota tim Jumbo-Visma itu menjadi yang tercepat di kelompok Men Elite dalam UCI Road World Championships 2022 di Wollongong, Australia pada Minggu, 18 September 2022.

Foss bukan kuda hitam. Bahkan tidak diperhitungkan dalam persaingan juara. Pembalap 25 tahun ini tenggelam di bawah bayang-bayang para bintang. Predikat unggulan masih dipegang Filippo Ganna (Italia). Anggota tim Ineos Grenadiers itu merupakan peraih jersey pelangi selama dua tahun berturut-turut. Pada 2020 dan 2021.

Selain Ganna, Remco Evenepoel (Belgia/QuickStep Alpha Vinyl) dan Tadej Pogacar (Slovenia/UAE Team Emirates) juga hebat di balapan ITT. Tapi Foss berhasil mencuat serta membalikkan semua prediksi. Ia membuat para unggulan itu tidak berkutik.

Seperti di kategori Women Elite, balapan ITT di kategori Men Elite berlangsung di rute sepanjang 34,2 kilometer, yang terbagi dalam dua putaran. Para pembalap start dari Market Street menuju Marine Drive. Dari 51 pembalap yang masuk star list, tiga di antaranya tidak start. Termasuk Joao Almeida (Portugal/UAE Team Emirates).

Foss menyelesaikan balapan ini dengan catatan waktu 40 menit 2 detik. Menurut catatan Procyclingstats, Foss melaju hingga kecepatan lebih dari 51 km/jam. Foss dua detik dari Stefan Keung (Swiss) yang menjadi runner up. Sementara Evenepoel menempati posisi ketiga dengan selisih sembilan detik.

Sementara Ganna, juara dunia ITT 2020 dan 2021, finis di posisi ketujuh. Pembalap asal Italia itu terpaut 56 detik dari Foss. "Rasanya seperti mimpi. Saya tidak percaya. Ini sangat tidak nyata. Andai finis sepuluh besar pun saya akan sangat puas. Saya lebih berharap untuk lima besar," ungkap Foss selepas balapan.

Inilah kemenangan terbesar dalam karier Foss. Yang menarik, sebelum menjadi juara dunia ITT 2022, Foss hanya meraih dua kemenangan ITT di Kejuaraan Nasional Norwegia 2021 dan 2022. Hebatnya, Foss menjadi pembalap asal Norwegia pertama yang menjadi juara dunia ITT.

Dalam buku sejarah balap sepeda Norwegia, Foss adalah pembalap ketiga yang memenangi Kejuaraan Dunia. Ia mengikuti jejak Monica Valvik (Road/1994) dan Thor Hushovd (Road/2010). "Saya mendapatkan segalanya hari ini. Saya tidak bisa melakukan sesuatu yang lebih baik. Saya tahu kondisi saya bagus. Tapi ini lebih dari itu," katanya.

Sementara itu, para pembalap unggulan tampak kaget dengan gelar juara dunia yang didapatkan Foss. Evenepoel, misalnya. Ia mengaku terkejut saat mendengar Foss memenangi lomba ini. Sebab Foss tidak pernah dibicarkaan di radio. Satu-satunya nama yang ia dengar adalah Keung. "Jujur saja, ini sangat mengejutkan," kata pemenang La Vuelta a Espana 2022 itu.

Stefan Keung juga tak kalah sedih. Apalagi ia hanya terpaut dua detik di belakang Foss. "Saya bisa menangis, tapi bukan karena gembira. Saya membuat daftar pembalap, dan saya mengalahkan mereka semua. Tetapi saya tidak memikirkan Tobias. Saya melakukan time trial yang sangat bagus hari ini, tapi Tobias lebih kuat," akunya. (mainsepeda)

Hasil Men Elite Individual Time Trial (Top Ten)
1. Tobias Foss (Norwegia) 40 menit 2 detik
2. Stefan Keung (Swiss) +2
3. Remco Evenepoel (Belgia) +9
4. Ethan Hayter (Inggris) +40
5. Stefan Bissegger (Swiss) +47
6. Tadej Pogacar (Slovenia) +48
7. Filippo Ganna (Italia) +56
8. Nelson Oliviera (Portugal) +59
9. Yves Lampaert (Belgia) +1:09
10. Bruno Armirail (Prancis) +1:10

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 108

Foto: UCI Media


COMMENTS