Dua kekalahan beruntun diderita Wout van Aert (Jumbo-Visma) di Kanada. Dua hari setelah kalah di GP Quebec, Van Aert ditumbangkan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) di GP Montreal pada Minggu, 11 September 2022. Ini menjadi modal Pogacar menjemput Kejuaraan Dunia di Australia pada penghujung bulan ini.

GP Montreal menempuh rute sepanjang 221,4 kilometer. Para peserta harus 18 kali nanjak di Cote de Camilien-Houde. Ini adalah tanjakan sepanjang 2,3 kilometer dengan gradien maksimal 9,7 persen. Balapan berlangsung sangat panjang. Selama hampir enam jam.

Setelah balapan yang panjang itu, Pogacar dan Van Aert berada di kelompok terdepan di sisa sepuluh kilometer terakhir. Mereka tak sendirian. Ada tiga pembalap lain yang membuntuti. Ketiganya adalah Adam Yates (Ineos Grenadiers), Andrea Bagioli (QuickStep Alpha Vinyl), dan David Gaudu (Groupama-FDJ).

Van Aert memulai sprint di kilometer pemungkas. Akan tetapi, superstar asal Belgai tersebut gagal mepertahankan posisinya. Ia disalip Pogacar di beberapa ratus meter menjelang finis. Pogacar menyelesaikan GP Montreal dengan catatan waktu 5 jam 59 menit 38 detik. Van Aert dan Bagioli finis kedua dan ketiga.

"Bukan hanya sprint, tetapi seluruh balapan sangat sulit. Itu sulit karena kami tahu bahwa Wout adalah salah satu sprinter terbaik di dunia. Ini adalah akhir yang sulit. Saya percaya pada diri sendiri, memberikan segalanya, dan saya berhasil," ungkap Pogacar selepas balapan.

Kemenangan ini menjadi modal Pogacar untuk menyambut Kejuaraan Dunia Road 2022 di Wollongong, Australia. Ia dijadwalkan turun di nomor road race. Pogacar berusaha penuh merebut jersey pelangi di Negeri Kanguru. Apalagi tahun ini sangat mungkin muncul juara baru.

Sebab Julian Alaphilippe (QuickStep Alpha Vinyl) sebagai peraih gelar juara dunia dua tahun terakhir, kemungkinan tidak akan tampil. Pembalap asal Prancis itu masih berkutat dengan cedera. 

"Kami bisa pergi ke Australia dengan percaya diri. Sejauh ini rutenya terlihat cocok. Saya berharap bisa tampil baik di Kejuaraan Dunia," harap peraih dua gelar Tour de France itu. (mainsepeda)

Hasil GP Montreal 2022 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 5 jam 59 menit 38 detik
2. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +0
3. Andrea Bagioli (Italia), QuickStep Alpha Vinyl +0
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +0
5. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +0
6. Mauro Schmid (Swiss), QuickStep Alpha Vinyl +22
7. Giovanni Aleotti (Italia), Bora-hansgrohe +22
8. Romain Bardet (Prancis), Team DSM     +22
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +28
10. Warren Barguil (Prancis), Arkea-Samsic +31

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 107

Foto: Getty Images


COMMENTS