La Vuelta a Espana 2022 telah tuntas. Etape pemungkas berlangsung dari Las Rozas menuju Madrid pada Minggu, 11 September 2022. Juan Sebastian Molano (UAE Team Emirates) menjadi yang tercepat di Etape 21. Sementara Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) mengukuhkan diri sebagai penguasa baru di Negeri Matador.

Etape 21 menempuh rute pendek. Hanya 96,7 kilometer. Medannya mayoritas flat. Kemudian berakhir dengan adu sprint. Kali ini Molano berhasil menjadi yang tercepat. Ia menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 2 jam 26 menit 36 detik.

Pembalap asal Kolombia tersebut memupuskan ambisi Mads Pedersen (Trek-Segafredo) untuk merebut kemenangan keempat di La Vuelta 2022. Pedersen harus puas finis kedua di Etape 21. Sementara tempat ketiga menjadi milik Pascal Ackermann (UAE team Emirates).

Ini adalah kemenangan kedua Molano sepanjang musim ini. Sangat spesial karena ini adalah victory pertamanya di ajang WorldTour dan Grand Tour. "Ini adalah akhir dari Vuelta yang indah bagi kita semua di dalam tim. Saya ingin mendedikasikan kemenangan ini untuk ibu saya dan keluarga saya," kata Molano usai lomba.

Sementara itu, Evenepoel finis ke-40 di Etape 21. Meski demikian, hasil ini tidak berpengaruh terhadap posisinya di General Classification (GC). Pembalap 22 tahun tersebut menjadi juara baru La Vuelta. Evenepoel sukses memutus dominasi Primoz Roglic yang menguasai lomba ini selama tiga musim terakhir.

"Saya tidak bisa menggambarkan apa artinya memenangi Grand Tour pertama saya dan berada di podium bersama dengan rekan tim saya yang luar biasa. Itu adalah sesuatu yang sangat istimewa yang tidak akan pernah saya lupakan," ungkap Evenepoel dalam laman resmi tim.

Ini adalah kemenangan terbesar bagi pembalap asal Belgia itu. Sekaligus pembuktian bahwa ia belum habis selepas kecelakaan hebat di Il Lombardia 2020. Evenepoel tidak hanya memuncaki GC dan merebut jersey merah. Ia juga sukses mendapatkan jersey putih selepas memuncaki tabel Young Riders Classification.

"Saya bekerja keras untuk ini. Saya membuat banyak pengorbanan dan saya senang semuanya terbayar di sini, di Spanyol. Saya senang menjadi bagian dari tim yang luar biasa ini," sambung mantan pesepak bola RSC Anderlecht tersebut.

Sedangkan polkadot jersey sebagai simbol penguasa Mountains Classification, berhasil digondol Richard Carapaz (Ineos Grenadiers). Mads Pedersen yang memenangi tiga etape di La Vuelta 2022, pulang dengan jersey hijau usai memuncaki Points Classification

UAE Team Emirates juga tidak pulang dengan tangan hampa. Mereka bertengger di puncak Teams Classification. Serta merebut Combativity Award melalui Marc Soler. (mainsepeda)

Hasil Etape 21 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Juan Sebastián Molano (Kolombia), UAE Team Emirates 2 jam 26 menit 36 detik
2. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
3. Pascal Ackermann (Jerman), UAE team Emirates +0
4. Mike Teunissen (Belanda), Jumbo-Visma +0
5. Danny van Poppel (Belanda), Bora-Hansgrohe +0
6. Kaden Groves (Australia), BikeExchange-Jayco +0
7. Fred Wright (Inggris), Bahrain Victorious +0
8. Lionel Taminaux (Belgia), Alpecin-Deceuninck +0
9. Ben Turner (Inggris), Ineos Grenadiers +0
10. Cedric Beullens (Belgia), Lotto Soudal +0

Final General Classification (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 80 jam 26 menit 59 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:02
3. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +4:57
4. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +5:56
5. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +7:24
6. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +7:45
7. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +7:57
8. Ben O’Connor (Australia), AG2R Citroon +10:30
9. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-EastPost +11:04
10. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +12:01

Points Classification
Mads Pedersen (Trek–Segafredo)

Mountains Classification
Richard Carapaz (Ineos Grenadiers)

Young Riders Classification
Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl)

Teams Classification
UAE Team Emirates

Combativity Award
Marc Soler (UAE Team Emirates)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 107

Foto: Getty Images


COMMENTS