Richard Carapaz mengarungi La Vuelta a Espana 2022 laiknya menaiki roller coaster. Pembalap tim Ineos Grenadiers itu mengalami kecelakaan pada pekan pertama lalu. Insiden ini membuat rider asal Ekuador tersebut terlempar dari sepuluh besar di General Classification (GC).

Carapaz datang ke La Vuelta sebagai ujung tombak tim Ineos Grenadiers. Ia adalah runner up di ajang ini pada 2020 lalu, Carapaz diharapkan mampu bersaing dengan sang juara bertahan Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Akan tetapi, sinar sang bintang justru meredup. Ia tampil melempem sepanjang pekan pertama lalu.

Kecelakaan pada awal lomba mungkin menjadi penyebabnya. Membuat peraih medali emas di Olimpiade Tokyo ini harus menahan rasa sakit di sepanjang balapan. Situasi berubah memasuki minggu kedua. Carapaz akhirnya naik podium di Etape 12 pada Kamis, 1 September 2022.

Etape 12 menempuh rute sepanjang 192,7 kilometer. Para pembalap bertolak dari Salobrena menuju puncak Penas Blancas. Estepona. Peloton harus menaklukkan tanjakan sepanjang 19,8 kilometer dengan gradien rata-rata 6,3 persen untuk mencapai garis finis.

Carapaz tampil solid ketika nanjak di Penas Blancas. Estepona. Ia baru melancarkan serangan di sisa dua kilometer. Carapaz berhasil menyalip pembalap asal Belanda, Wilco Kelderman (Bora-Hansgrohe) untuk finis pertama di etape ini. Carapaz mencapai garis akhir dengan catatan waktu 4 jam 38 menit 26 detik.

"Sejujurnya saya merasa sangat bahagia. Kami datang ke sini dengan sebuah target. Akan tetapi, keadaan tidak mendukung kami. Sekarang kami fokus untuk memenangkan satu etape," ucap pembalap yang musim depan akan bergabung dengan tim EF itu.

Carapaz menegaskan, sebenarnya ia datang ke La Vuelta dalam kondisi yang baik. Ia juga yakin bisa bersaing di ajang ini. Namun, kecelakaan itu membuatnya menderita. Oleh sebab itu, ia mengubah target dengan mengincar kemenangan etape.

"Masih banyak tahapan yang harus terus dicoba. Kami harus memaksimalkan level kami saat ini," tegas Carapaz dalam laman resmi tim.

Sementara itu, hasil Etape 12 tidak mengubah posisi Remco Evenepoel. Pembalap tim QuickStep Alpha Vinyl itu masih bertengger di puncak GC. Selanjutnya, Etape 13 akan menempuh rute sepanjang 168,4 kilometer. Peloton start dari Ronda menuju Montilla. (mainsepeda)

Hasil Etape 12 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 4 jam 38 menit 26 detik
2. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +9
3. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates +24
4. Jan Polanc (Slovenia), UAE Team Emirates +26
5. Marco Brenner (Jerman), Team DSM +34
6. Elie Gesbert (Prancis), Arkéa Samsic +56
7. Jay Vine (Australia), Alpecin-Deceuninck +1:12
8. Carl Fredrik Hagen (Norwegia), Israel-Premier Tech +1:23
9. James Shaw (Inggris), EF Education-EasyPost +3:04
10. Matteo Fabbro (Italia), Bora-Hansgrohe +3:17

General Classification usai 12 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 44 jam 25 menit 9 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +2:41
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:03
4. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +4:06
5. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +4:53
6. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +6:28
7. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +6:56
8. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +7:18
9. Jan Polanc (Slovenia), UAE Team Emirates +8:00
10. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +8:05

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Getty Images


COMMENTS