Evenepoel Menang ITT, Roglic Makin Tertinggal


Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) mewujudkan mimpinya meraih kemenangan etape di Grand Tour. Pembalap asal Belgia ini finis pertama dalam balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 10 La Vuelta a Espana 2022 pada Selasa, 30 Agustus 2022.

Meraih kemenangan etape merupakan target utama Evenepoel di La Vuelta tahun ini. Hanya saja misi tersebut gagal diwujudkan sepanjang pekan pertama lalu. Kabar baiknya, Evenepoel berhasil menguasai puncak General Classification (GC) sejak Etape 6.

Penantian pembalap 22 tahun ini akhirnya tuntas pada di Etape 10. Evenepoel tampil luar biasa dalam balapan ITT. Para pembalap start dari Elche menuju Alicante. Total jaraknya 30,9 kilometer. Evenepoel menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 33 menit 18 detik.

Evenepoel mengungguli Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Juara bertahan asal Slovenia ini harus puas finis kedua dengan selisih 48 detik. Sementara rekan setim Evenepoel di tim QuickStep, Remi Cavagna finis ketiga dengan selisih satu menit.

"Saya sangat senang karena bisa meraih kemenangan etape di Grand Tour. Akhirnya impian saya berhasil tercapai. Sekarang saya tidak memiliki tekanan lagi. Bahkan, seluruh tim saya kini sangat percaya diri. Sekarang kami akan berjuang untuk memenangkan La Vuelta ini," ungkap Evenepoel dilansir Cyclingnews.

Evenepoel berhasil bertahan di puncak GC dan berhak mengenakan jersey merah

Evenepoel sangat terkejut karena ia berhasil mengalakan Roglic dengan selisih 48 detik. Ini margin yang cukup jauh. Evenepoel mengaku bahwa ia hanya berusaha melaju sekuat tenaga. "Sebenarnya sangat sulit. Tetapi sangat menyenangkan karena menang ITT dengan jersey merah," akunya.

Hasil Etape 10 membuat Evenepoel makin mantap di puncak GC. Bahkan, ia berhasil memperlebar jarak dari Roglic. Pembalap asal Slovenia itu berhasil naik ke posisi dua. Ia menggusur Enric Mas (Movistar). Namun Roglic terpaut hampir tiga menit dari Evenepoel.

"Setiap tahun, cepat atau lambat, Anda (akan) kalah," katanya setelah balapan ITT di Etape 10. "Jika Anda datang ke sini tidak dalam performa bagus, Anda akan kalah. Evenepoel, sementara itu, sedang di atas angin pada saat ini. Ia berada di level yang berbeda," terang pemenang tiga edisi terakhir La Vuelta itu.

Sementara itu, Etape 11 akan berlangsung dari ElPozo Alimentacion menuju Cabo de Gata pada Rabu, 31 Agustus 2022. Pembalap harus menyelesaikan rute sepanjang 191,2 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 10 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 33 menit 18 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +48
3. Remi Cavagna (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +1:00
4. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +1:22
5. Pavel Sivakov (Prancis), Ineos Grenadiers +1:27
6. Lawson Craddock (Amerika Serikat), BikeExchange-Jayco +1:37
7. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +1:42
8. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +1:46
9. Miguel Ángel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +1:47
10. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:51

General Classification usai 10 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 34 jam 35 menit 50 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +2:41
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:03
4. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +3:55
5. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +4:50
6. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +4:53
7. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +6:45
8. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +6:50
9. Pavel Sivakov (Prancis), Ineos Grenadiers +7:06
10. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +7:37

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Getty Images


COMMENTS