Roglic Menang dan Rebut Jersey Merah


Spanyol benar-benar memberikan tuah untuk Primoz Roglic. Leader tim Jumbo-Visma itu menjadi yang tercepat di Etape 4 La Vuelta a Espana 2022 pada Selasa, 23 Agustus 2022. Ini adalah kemenangan individu pertama untuk Roglic selama lebih dari empat bulan.

Roglic lagi-lagi disorot karena gagal menjuarai Tour de France musim ini. Pembalap asal Slovenia itu selalu saja tertimpa masalah masalah. Pada tahun ini, misalnya. Roglic mengalami cedera punggung usai kecelakaan di Etape 5. Problem ini pula yang membuatnya memutuskan out sebelum dimulainya Etape 18.

Cedera punggung ini menjadi momok utama Roglic di La Vuelta 2022. Apalagi partisipasinya di Spanyol terkesan dipaksanakan. Persiapannya menuju event ini sungguh sangat singkat. Bukan hanya itu saja, Roglic balapan dengan menahan rasa sakit di punggung.

Segudang masalah itu tidak menghalangi Roglic untuk tampil mengagumkan. Seperti di Etape 4 ini. Pembalap asal Slovenia ini menunjukkan performa hebatnya dengan memenangi tahapan ini. Ia melibas rute sepanjang 152,5 kilometer, dari Vitoria-Gasteiz menuju Laguardia, dengan catatan waktu 3 jam 31 menit 5 detik.

Tahapan ini memang didominasi oleh rute datar. Namun terdapat dua tanjakan Kategori 3 di Puerto de Herrera dan tanjakan Kategori 2 di Puerto de Opakua. Selain dua tanjakan itu, para pembalap harus mendaki sejauh 900 meter dengan gradien 8,4 persen untuk mencapai garis finis di Laguardia.

Tanjakan menuju final inilah yang menjadi kunci kemenangan Roglic. Ia berhasil mengungguli Mads Pedersen (Trek-Segafredo) dan Enric Mas (Movistar). "Hari ini segalanya menguntungkan saya. Semua orang di tim telah bekerja keras. Kemenangan etape ini adalah cara terbaik untuk menghargai itu," ungkap Roglic dalam laman resmi tim.

Roglic kini memuncaki puncak GC dan merebut jersey merah

Ini adalah kemenangan kesepuluh Roglic dalam empat musim berpartisipasi di Le Vuelta. Roglic menegaskan jika kecelakaan di Tour de France tidak lagi berdampak padanya. "Saya telah pulih sepenuhnya. Rasa sakit itu tidak mengganggu saya lagi," bilang Roglic.

Tidak hanya memenangi Etape 4, Roglic kini memuncaki General Classification (GC). Pembalap 32 tahun ini mengungguli rekan setimnya Sepp Kuss dengan selisih 13 detik. Sementara pembalap muda Ineos Grenadiers, Ethan Hayter berada di peringlkat ketiga dengan selisih 26 detik.

"Sangat menyenangkan bahwa saya memiliki jersey ini sekarang. Tetapi tujuan besarnya tetap untuk naik podium tertinggi di Madrid. Suasana di sekitar tim sangat positif. Ini dimulai dengan kemenangan time trial tim. Kami memiliki beberapa hari yang menyenangkan," ungkap Roglic.

Selanjutnya, Etape 5 akan berlangsung dari Irun menuju Bilbao. Total jaraknya 187,2 kilometer. Terdapat tiga tanjakan Kategori 3 dan dua tanjakan Kategori 2 di tahapan ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 3 jam 31 menit 5 detik
2. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +0
4. Quentin Pacher (Prancis), Groupama-FDJ +0
5. Pavel Sivakov (Prancis), Ineos Grenadiers +0
6. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +0
7. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +0
8. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +0
9. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +0
10. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +0

General Classification usai 4 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 11 jam 50 menit 59 detik
2. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +13
3. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +26
4. Pavel Sivakov (Prancis), Ineos Grenadiers +26
5. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +26
6. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +27
7. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +33
8. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +33
9. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +34
10. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +51

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 105

Foto: Getty Images, Cor Vos


COMMENTS