Banyuwangi berkembang pesat selama lebih dari satu dekade terakhir. Banyuwangi telah bertransformasi dari kota yang identik dengan klenik, menjadi kota wisata. Tidak hanya itu saja, Banyuwangi juga terkenal sebagai salah satu kota paling nyaman untuk olahraga bersepeda di Indonesia.

Banyuwangi telah sukses menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) nomor Road dan Sepeda Gunung (MTB). Sekarang giliran Mainsepeda.com yang membuat event seru di kota berjuluk Sunrise of Java tersebut. Namanya Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022. Dilaksanakan pada 24 September mendatang.

Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 tidak hanya menawarkan tantangan nanjak ke Paltuding, Ijen. Event gowes seru ini juga membawa cyclist berkeliling Banyuwangi dan menikmati keindahan kota di ujung timur Pulau Jawa itu.

Berikut lima alasan mengapa cyclist harus mengikuti Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022:

1. Banyuwangi Kota Cycling di Indonesia. Bentonville-nya Indonesia

Tidak berlebihan jika menyebut Banyuwangi sebagai tempat terbaik untuk bersepeda di Indonesia. Banyuwangi punya sarana yang menunjang olahraga ini. Semua bermula saat Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar Tour de Ijen pada 2012. Balapan ini membantu mengenalkan Banyuwangi sebagai kota sepeda.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani ketika membuka Kejurnas Balap Sepeda 2022

Setelah rutin menggelar balapan kategori 2.2 UCI itu, Banyuwangi mengepakkan sayap di luar nomor road. Kota ini punya lintasan BMX dengan standar internasional di Kecamatan Muncar. Sebelum pandemi terjadi, Banyuwangi rutin menggelar balapan BMX kelas dunia di Muncar sejak 2016.

Banyuwangi juga mengepakkan sayap ke dunia downhill dan cross-country. Banyuwangi baru saja menjadi tuan rumah Kejurnas Balap Sepeda 2022 untuk nomor Road dan MTB.

Baca Juga: Banyuwangi adalah Bentonville-nya Indonesia

2. Banyak Tempat Wisata yang Luar Biasa Indah di Banyuwangi. Salah Satunya Blue Fire di Kawah Ijen

Banyuwangi terkenal dengan keindahan alamnya. Bagi yang suka hiking, Anda bisa ke Gunung Ijen untuk menikmati blue fire yang indah itu. Api biru abadi ini baik dinikmati ketika dini hari. Blue fire ini sangat spesial. Sebab cuma ada satu di dunia, yakni di Gunung Ijen.

Blue fire di Gunung Ijen merupakan primadona bagi siapa pun yang berwisata ke Banyuwangi

Untuk pecinta laut, Banyuwangi punya segudang pantai yang indah. Ada Pantai Boom, Pantai Pulau Merah, hingga Pantai Plengkung (G-Land). Banyuwangi juga cocok untuk cyclist yang sudah berkeluarga. Jadi, selagi Anda gowes, keluarga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di kota ini.

3. Rute Balance, Menantang, sekaligus Nyaman dan Berkesan

Sekali lagi, Banyuwangi adalah kota yang lengkap untuk bersepeda. Rutenya komplet. Jika ingin nanjak, Anda dapat gowes menuju Gunung Ijen. Di sana ada salah satu tanjakan yang terkenal. Namanya 'Erek-erek'.

Jika doyan menu flat, Anda dapat berkeliling kota. Melintasi berbagai destinasi wisata di sana. Salah satunya De Djawatan Forest yang menyuguhkan sensasi ala film The Lord of The Rings.

'Erek-erek' jadi salah satu tanjakan yang harus ditaklukkan di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022

4. Ikut Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 untuk Menuntaskan Trilogi Jawa Timur 2022

Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 adalah bagian dari Trilogi Jawa Timur 2022. Rangkaiannya telah dimulai dari Bromo KOM Challenge 2022 pada Mei lalu. Dan akan berakhir di Kediri Dholo KOM Challenge 2022 pada Desember nanti.

Ada perolehan poin bagi sepuluh finisher pertama di setiap event. Lalu, di penghujung rangkaian, peserta dengan poin terbanyak di kategorinya adalah pemenang Trilogi Jawa Timur 2022.

5. Kesempatan Mengamankan Slot Bromo KOM Challenge 2023

Selain berpeluang untuk menjadi juara pemenang Trilogi Jawa Timur 2022, peserta Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 juga berkesempatan untuk mengamankan slot Bromo KOM Challenge 2023.

Caranya Anda dapat memilih bundling dengan Kediri Dholo KOM Challenge 2022. Selain mendapatkan harga spesial, Anda juga memperoleh prioritas untuk Bromo KOM Challenge 2023.

Peserta Bromo KOM selalu membludak. Bahkan slot 1.000 peserta di Bromo KOM 2022 habis dalam 8 jam

Tidak hanya itu saja, Mainsepeda.com juga sudah mempersiapkan paket bundling pendaftaran untuk ketiga event tersebut. Tentunya dengan harga spesial! Tidak ada harga early bird untuk Bromo KOM 2023. Jadi, pastikan Anda sudah mendapatkan slotnya sekarang juga!

Informasi pendaftaran terkait Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 dan Kediri Dholo KOM Challenge 2022 bisa di-update di website dan Instagram Mainsepeda.com. Atau menghubungi Defi (0812-2280-8035).(mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 102

Foto: Humas Pemkab Banyuwangi, Yukbanyuwangi, Rendra Kurnia


COMMENTS