Luar Biasa, Evenepoel Juara Usai Solo Ride 45 Km!

| Penulis : 


Remco Evenepoel dapat memulai debutnya di La Vuelta a Espana 2022 dengan penuh percaya diri. Pembalap QuickStep Alpha Vinyl ini punya modal berharga untuk berkiprah di Spanyol pada medio Agustus nanti. Evenepoel baru saja juara di Clasica de San Sebastian 2022 pada Sabtu, 30 Juli 2022.

Clasica de San Sebastian merupakan one day race paling bergengsi di Negeri Matador. Biasanya dihelat pada akhir Juli atau awal Agustus. Pada gelara musim ini, event yang berlangsung di San Sebastian, Basque Country, Spanyol itu menempuh rute sepanjang 224,8 kilometer.

Bagi Evenepoel, Clasica de San Sebastian 2022 merupakan persiapan terakhir sebelum berkiprah di La Vuelta. Oleh sebab itu, ia berusaha mengejar hasil terbaik. Namun hal ini tidak akan mudah. Apalagi ada nama-nama populer yang ambil bagian di San Sebastian. Salah satunya Tadej Pogacar (UAE Team Emirates).

Selain rute yang panjang, Clasica de San Sebastian 2022 juga menyuguhkan enam tanjakan pendek Kategori 3 hingga Kategori 1. Balapan dibuka dengan aksi breakaway oleh sembilan pembalap. Mereka berhasil melepaskan diri di sepuluh kilometer setelah start. Mereka baru tertangkap peloton di sisa 65 kilometer.

Evenepoel berusaha melepaskan diri dari rombongan besar di sisa 45. Ia tidak sendirian. Simon Yates dari BikeExchange–Jayco berusaha menyusulnya. Namun Yates tidak bisa mempertahankan posisinya lama-lama. Rider asal Inggris itu tertangkap peloton di sisa 35 kilometer.

Praktis Evenepoel melaju sendirian di depan. Ia tidak terkejar dan finis di posisi pertama dengan catatan waktu 5 jam 31 menit 44 detik. Pavel Sivakov (Ineos Grenadiers) berada di tempat kedua dengan selisih hampir dua menit. Sedangkan Tiesj Benoot (Jumbo–Visma) di peringkat tiga dengan gap lebih dari dua menit.

Aksi solo ride Evenepoel sejauh 45 kilometer tersebut berbuah rekor baru di Clasica de San Sebastian. Menurut Procyclingstats, catatan ini melampaui rekor milik Miguel Indurain ketika memenangi ajang ini pada 1990 silam. Pada saat itu Indurain melakukan solo ride sejauh 40 kilometer.

Pencapaian ini sekaligus mengulang prestasi Evenepoel ketika menjuarai Clasica de San Sebastian 2019. Pada saat itu ia naik podium setelah solo ride sejauh 8,8 kilometer. Dua gelar di Clasica de San Sebastian menjadikan Evenepoel sebagai pembalap Belgia dengan kemenangan terbanyak di ajang ini.

"Apa yang keluar dari kaki saya hari ini hanyalah kesegaran. Saya merasa sangat baik, lalu memutuskan untuk mempercepatnya di Jaizkibel, yang merupakan rencana sebelumnya. Rupanya itu berhasil," bilang Evenepoel selepas balapan.

Evenepoel sangat senang dengan kemenangan ini. Juara di San Sebastian merupakan buah pelatihan panjang menuju La Vuelta yang akan dimulai medio Agustus nanti. "Balapan ini dan Liège adalah balapan favorit saya. Untuk memenangkan keduanya dalam satu musim adalah hal luar biasa," ungkapnya. (mainsepeda)

Hasil Clasica de San Sebastian 2022 (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 5 jam 31 menit 44 detik
2. Pavel Sivakov (Prancis), Ineos Grenadiers +1:58
3. Tiesj Benoot (Belgia), Jumbo–Visma +2:31
4. Bauke Mollema (Belanda), Trek–Segafredo +3:11
5. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +3:11
6. Simon Yates (Inggris), BikeExchange–Jayco +3:28
7. Toms Skujins (Latvia), Trek–Segafredo +4:09
8. Mattias Skjelmose Jensen (Denmark), Trek–Segafredo +4:09
9. Rigoberto Urán (Kolombia), EF Education–EasyPost +4:09
10. Lorenzo Rota (Italia), Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux +4:09

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 101

Foto: Getty Images

Populer

Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie
Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin
Kolom Sehat: Sisi Lain Bromo
Kalender Event Mainsepeda 2024: East Java Journey Pertama, Bromo KOM X 18 Mei
Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai
Pompa Ban Anda sesuai Berat Badan
Attack di 60 Km Akhir, Mathieu van der Poel Menang Fenomenal di Paris-Roubaix
Siap-Siap! Registrasi Bromo KOM X Dibuka Kamis, 21 Maret Pukul 03.00 WIB
Kolom Sehat: MVDP dan Nuntun Sopan di Koppenberg