Hugo Houle, Rider Kanada Kedua yang Menang di Tour de France


Hugo Houle (Israel-Premier Tech) mencatatkan namanya dalam sejarah balap sepeda Kanada. Ia menjadi rider asal Kanada kedua yang mendapatkan kemenangan etape di Tour de France. Houle melakukannya di Etape 16 Tour de France 2022 pada Selasa, 19 Juli 2022.

Etape 16 membuka pekan ketiga sekaligus pekan penentuan gelar juara Tour de Frace 2022. Tahapan ini start dari Carcassonne. Lalu para pembalap harus menempuh rute sepanjang 178,5 kilometer untuk tiba di garis finis di Foix. Empat tanjakan tersaji di tahapan ini. Dua di antaranya Kategori 1 di Port de Lers dan Mur de Peguere.

Tahapan ini dibuka dengan aksi breakaway dari 29 pembalap. Wout van Aert dan Nathan van Hooydonck dari Jumbo-Visma, serta Brandon McNulty dari UAE Team Emirates termasuk di antaranya. Houle berada di kelompok ini bersama rekan setim dan senegaranya, Michael Woods.

Grup breakaway ini meninggalkan rombongan besar dengan selisih lebih dari enam menit di sisa 100 kilometer. Gap ini terus meningkat hingga 40 kilometer berikutnya. Kelompok breakaway baru mulai tercecer ketika mulai mendaki di dua tanjakan terakhir. Mereka terpecah. Tersisa tujuh pembalap di depan di sisa 50 kilometer.

Kemudian Houle mulai beraksi setelah nanjak di Mur de Peguere, lebih dari 30 kilometer menuju finis. Pembalap 31 tahun ini benar-benar tak terkejar. Ia melaju kencang di medan turunan sepanjang 25 kilometer menuju finis. Houle memenangi Etape 16.

Ia menuntaskan tahapan ini dengan catatan waktu 4 jam 23 menit 47 detik. Valentin Madouas (Groupama-FDJ) dan Michael Woods (Israel-Premier Tech) finis kedua dan ketiga dengan selisih lebih dari satu menit. Houle yang sudah satu dekade berkarier di WorldTour, akhirnya meraih kemenangan perdananya.

"Saya belum pernah memenangkan balapan. Jadi saya rasa ini adalah tempat yang tepat untuk memenangkan balapan pertama saya," katanya seusai lomba.

Selama ini ia memang belum pernah meraih satu kemenangan pun di WorldTour. Namun ia dua kali menjadi juara nasional Individual Time Trial (ITT) Kanada pada 2015 dan 2021. Houle menjadi pembalap Kanada kedua yang meraih kemenangan etape di Tour de France. Ia mengikuti langkah Steve Bauer yang berjaya di Etape 1 Tour de France 1988. 

Kemenangan ini dipersembahkan bagi saudara laki-lakinya yang meninggal dunia saat Houle mulai meniti kerier profesional. "Saya memenangkan ini untuknya. Saya telah menunggu selama 12 tahun untuk melakukannya. Hari ini saya mendapatkannya. Ini luar biasa. Saya tak tahu harus berkata apa. Saya sangat senang," katanya.

Sementara itu, Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) masih bertahan di puncak General Classification (GC). Rider asal Denmark itu masih berhak atas jersey kuning. Selanjutnya, Etape 17 membawa pembalap start dari Saint-Gaudens ke Peyragudes dengan total jarak 129,7 kilometer.

Tiga tanjakan Kategori 1 menjadi santapan utama di etape ini, yakni Col d'Aspin, Col de Val Louron-Azet, dan Peyragudes. (mainsepeda)

Hasil Etape 16 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Hugo Houle (Kanada), Israel-Premier Tech 4 jam 23 menit 47 detik
2. Valentin Madouas (Prancis), Groupama-FDJ +1:10
3. Michael Woods (Kanada), Israel-Premier Tech +1:10
4. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +1:12
5. Michael Storer (Australia), Groupama-FDJ) +1:25
6. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +1:40
7. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain-Victorious +1:40
8. Simon Geschke (Jerman), Cofidis +2:11
9. Mathieu Burgaudeau (Prancis), TotalEnergies +5:04
10. Damiano Caruso (Italia), Bahrain-Victorious +5:04

General Classification usai 16 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 64 jam 28 menit 9 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +2:22
3. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +2:43
4. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +4:15
5. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +4:24
6. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +5:28
7. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +5:46
8. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +6:18
9. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +6:37
10. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +10:11

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 98

Foto: Getty Images


COMMENTS