Philipsen Kalahkan Van Aert, Vingegaard Tetap Kuning


Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix) menggagalkan kesempatan Wout van Aert (Jumbo-Visma) meraih kemenangan ketiga di Tour de France 2022. Pembalap 24 tahun ini mengungguli sang superstar dalam adu sprint di Etape 15 pada Minggu, 17 Juli 2022. Ini adalah kemenangan perdana Philipsen dalam balapan paling heboh di dunia tersebut.

Etape 15 merupakan panggung terakhir di pekan kedua Tour de France 2022. Para pembalap melaju dari Rodez ke Carcassonne. Panjang rutenya 202,5 kilometer. Tahapan ini merupakan arena unjuk gigi para pelari cepat. Selain tanjakan yang tak curam, pembalap disajikan medan flat di sepuluh kilometer menuju finis.

Tiga nama dipastikan angkat kaki dari Tour de France lantaran tidak start di Etape 15. Ketiganya adalah Primoz Roglic (Jumbo-Visma), Magnus Cort (EF Education-EasyPost), dan Simon Clarke (Israel-Premier Tech). Roglic mundur karena cedera. Sementara Cort dan Clarke dinyatakan positif Covid-19.

Rute yang panjang menciptakan berbagai upaya breakaway di awal lomba. Hingga akhirnya ada tiga pembalap yang berhasil melepaskan diri. Mereka adalah Nils Politt (Bora-Hansgrohe), Mikkel Frolich Honore (QuickStep Alpha Vinyl), dan Van Aert. Mereka memimpin sejak 10 kilometer setelah start.

Keberadaan Van Aert di rombongan terdepan tidak bertahan lama. Ia dengan segera kembali ke peloton di 40 kilometer usai start. Politt dan Honore sudah mencoba bertahan selama mungkin di kelompok terdepan. Namun upaya mereka tidak membuahkan hasil. Keduanya tertangkap rombongan besar di sisa 50 kilometer.

Lalu giliran Ben Thomas (Cofidis) dan Alexis Gougeard (B&B Hotels-KTM) yang melompak ke baris terdepan. Dua pembalap asal Prancis ini seketika menjauh dari peloton. Sayang, mereka tidak mampu bertahan hingga garis finis. Gougeard tercecer di 5 kilometer terakhir. Sedangkan Thomas tertangkap di sisa 800 meter.

Etape ini berakhir dengan adu cepat para sprinter. Mads Pedersen (Trek-Segafredo) memulai bermanuver di sisa 300 meter. Philipsen melaju kencang dari sisi kiri pembalap asal Denmark itu untuk mengunci kemenangan di tahapan ini. Ia menorehkan waktu 4 jam 27 menit 27 detik. Van Aert dan Pedersen finis kedua dan ketiga.

"Rasanya luar biasa. Saya tahu seperti apa kekalahan di Tour de France. Saya berkali-kali merasakannya. Saat perjuangan saya membuahkan hasil, itu sungguh luar biasa," aku Philipsen.

Philipsen tahu bahwa Van Aert adalah pesaing terberatnya di tahapan ini. Ia juga sadar Van Aer melaju sangat kencang ketika Pedersen melancarkan aksi di 300 meter terakhir menuju finis. "Saya memiliki kaki yang bagus. Tapi kami harus menunggu untuk mendapatkan momen yang tepat. Itulah yang terjadi di etape ini," imbuhnya.

Sementara itu, Jonas Vingegaard bertahan di puncak General Classification (GC). Ia unggul lebih dari dua menit atas Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Tour de France 2022 akan memasuki rest day kedua pada Senin, 18 Juli 2022. Balapan akan berlanjut ke Etape 16 pada Selasa, 19 Juli 2022. (mainsepeda)

Hasil Etape 15 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin–Deceuninck 4 jam 27 menit 27 detik
2. Wout van Aert (Belgia), Jumbo–Visma +0
3. Mads Pedersen (Denmark), Trek–Segafredo +0
4. Peter Sagan (Slovakia), TotalEnergies +0
5. Danny van Poppel (Belanda), Bora–Hansgrohe +0
6. Dylan Groenewegen (Belanda), Team BikeExchange–Jayco +0
7. Florian Sénéchal (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +0
8. Luca Mozzato (Italia), B&B Hotels–KTM +0
9. Andrea Pasqualon (Italia), Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux    +0
10. Fred Wright (Inggris), Bahrain Victorious +0

General Classification usai 15 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 59 jam 58 menit 28 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +2:22
3. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +2:43
4. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +3:01
5. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +4:06
6. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +4:15
7. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +4:24
8. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +4:24
9. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +8:49
10. Enric Mas (Spanyol), Movistar +9:58

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 98

Foto: Getty Images


COMMENTS