Terry dan Ayustina Merajai Criterium

| Penulis : 


Dua pembalap KGB Racing mendominasi kelas elite di nomor Criterium dalam Kejuaraan Nasional Balap Sepeda 2022 pada Minggu, 17 Juli 2022 di Banyuwangi. Podium utama di Men Elite Criterium menjadi milik Terry Yudha Kusuma (Jawa Tengah). Sedangkan nomor Women Elite Criterium dimenangkan Ayustina Delia Priatna (Jawa Barat).

Balapan Criterium dilangsungkan di di sirkuit sepanjang 2,2 kilometer. Start dan finisnya di depan Kantor Bupati Banyuwangi. Kelompok Men Elite harus menyelesaikannya dalam 12 lap. Sementara kategori Women Elite harus menuntaskannya dalam delapan lap.

Terry menjadi yang terbaik di kategori Men Elite. Pembalap Jateng itu membukukan catatan waktu 37 menit 57,131 detik. Tempat kedua dihuni wakil Kalimantan Barat (Kalbar), Bernard Benyamin van Aert dalam waktu 37 menit 57,238 detik. Sementara, M. Nur Fathoni dari Jogjakarta menduduki tempat ketiga dengan catatan waktu 37 menit 57,847 detik.

Balapan berlangsung ketat. Untuk menjadi pemenang sekaligus merebut jersey Merah-Putih, Terry bermanuver di 250 meter terakhir. Kemudian Bernard dan Fathoni mengikutinya. Ketiga pembalap itu beradu sprint di sisa 50 meter. Terry menuntaskannya dengan sempurna. Ia finis pertama melampaui Bernard dan Fathoni. "Cukup ketat. Saya mencoba sprint di 300 meter terakhir. Saya bersyukur bisa memenangkannya," kata Terry usai lomba.

Sementara Ayustina menyelesaikan delapan lap di Women Elite Criterium dengan catatan waktu 29 menit 41.805 detik. Liontin Evangelina asal Jogjakarta di posisi kedua dengan 29 menit 42,434 detik. Sementara Gita Widya Yunika dari Jabar di posisi tiga dengan 29 menit 44,926 detik.

Sebelumnya, Terry dan Ayustina mencatat prestasi gemilang di Asian Track Cycling Championships 2022. Terry merebut perak di nomor Men Elite Scratch Race. Sementara Ayustina menjadi runner up di nomor Women Elite Omnium. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 98

Foto: Rendra Kurnia

Populer

Kolom Sehat: Tales of Unfortunate Events
Valtteri Bottas, Pembalap F1 Menuju Kejuaraan Dunia Gravel UCI
Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie
Preview Bromo KOM Kategori Men 60+: Ambisi Besar Soetanto Tanojo Rebut Kembali Gelar Bromo KOM 
Kalender Event Mainsepeda 2024: East Java Journey Pertama, Bromo KOM X 18 Mei
Kolom Sehat: Sisi Lain Bromo
Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin
Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai
Bromo KOM X Kategori Women Elite: Chika Zerra Berambisi Pertahankan Gelar