Penantian panjang Michael Matthews untuk menang lagi Tour de France akhirnya berakhir. Rider tim BikeExchange-Jayco tersebut naik podium di Etape 14 Tour de France 2022 pada Sabtu, 16 Juli 2022. Matthews mengunci tempat pertama usai menyalip Alberto Bettiol (EF Education-EasyPost) di dua kilometer jelang finis.

Sebelum tampil di Tour de France 2022, Matthews sudah mengantongi tiga kemenangan di balapan terakbar di dunia tersebut. Ia mencatat satu kemenangan etape pada 2016. Kemudian mendapatkan dua kemenangan panggung di Tour de France 2017.

Setelah itu kariernya sedikit seret. Matthews cuma meraih sembilan kemenangan etape selama lima tahun terakhir. Kesabaran Matthews berbuah manis. Pembalap 31 tahun ini akhirnya merasakan kembali manisnya podium Tour de France.

Matthews menjadi yang tercepat di Etape 14 Tour de France 2022. Ia melibas rute sepanjang 192,5 kilometer, dari Saint-Etienne menuju Mende, dengan catatan waktu 4 jam 30 menit 53 detik. Bettiol finis kedua dengan selisih 15 detik. Sedangkan Thibaut Pinot (Groupama-FDJ) di posisi tiga dengan gap 34 detik.

"Tour de France adalah balapan yang sangat spesial. Semua orang datang ke sini dengan tujuan tertentu. Anda tidak dapat memilih etapenya. Sebab tahapannya sudah disiapkan untuk Anda. Tidak ada etape yang secara spesifik cocok untuk saya," kata Matthews usai lomba.

Kemenangan Matthews tak lepas dari manuvernya sejak 50 kilometer menjelang finis. Ia membangun celah kecil sendiri sebelum bergabung dengan Luis León Sánchez (Bahrain Victorious), Andreas Kron (Lotto Soudal), dan Felix Grossschartner (Bora-Hansgrohe).

Kron tercecer saat nanjakdi Cote de la Fage. Menyisakan tiga pembalap di grup terdepan. Lalu Matthews mencoba melakukan solo ride setelah Côte de la Croix Neuve. Di tengah pendakian, Alberto Bettiol sukses melompati kelompok pengejar dan dengan cepat mendekati Matthews.

Matthews sempat disalip oleh rider asal Italia itu. Namun ia dengan cepat meresponsnya. Matthews tancap gas di sisa dua kilometer. Kali ini Bettiol tak mampu mengejar. Matthews pun keluar sebagai pemenang. Dalam sesi wawancara usai lomba, Matthews mengaku ada peran istrinya dalam kemenangan di Etape 14 ini.

"Dia berkata jika saya ingin menang, maka saya harus berani bertaruh. Saya harus membuang semuanya dan mencoba hal yang berbeda. Sesuatu yang orang lain tidak pernah harapkan dari saya. Itulah tujuan saya hari ini. Saya mencoba sesuatu yang berbeda dan mengejutkan semua orang. Itu berhasil dengan baik," akunya.

Hasil Etape 14 tidak berdampak ke posisi Jonas Vingegaard di puncak klasemen overall. Pembalap asal Denmark itu masih bertenger di posisi teratas dengan selisih lebih dari dua menit dari Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Geraint Thomas pun berhasil bertahan di posisi tiga. (mainsepeda)

Hasil Etape 14 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Michael Matthews (Australia), BikeExchange-Jayco 4 jam 30 menit 53 detik
2. Alberto Bettiol (Italia), EF Education-EasyPost +15
3. Thibaut Pinot (Prancis), Groupama-FDJ +34
4. Marc Soler (Spanyol), Movistar +50
5. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +58
6. Jakob Fuglsang (Denmark), Israel-Premier Tech +58
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +1:06
8. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:12
9. Simon Geschke (Jerman), Cofidis +1:12
10. Louis Meintjes (Afrika Selatan) Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux +1:12

General Classification usai 14 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 55 jam 31 menit 1 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +2:22
3. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +2:43
4. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +3:01
5. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +4:06
6. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +4:15
7. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +4:24
8. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +4:24
9. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +8:49
10. Enric Mas (Spanyol), Movistar +9:58

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 98

Foto: Getty Images


COMMENTS