Diwarnai Aksi Demo, Cort Segel Podium di Megève


Magnus Cort (EF Education-EasyPost) pernah meraih kemenangan etape di Tour de France 2018 silam. Lalu ia membutuhkan waktu empat tahun untuk mengulangi pencapaian besarnya itu. Pembalap asal Denmark ini finis pertama di Etape 10 Tour de France 2022 pada Selasa, 12 Juli 2022.

Etape 10 membuka rangkaian balapan di pekan kedua Tour de France 2022. Start dari Morzine menuju Megève dengan panjang rute 148,1 kilometer. Peloton harus nanjak di Montee de l'altiport de Megève guna mencapai garis finis. Ini adalah tanjakan Kategori 3 sepanjang 19,3 kilometer dengan gradien rata-rata empat persen.

Tiga pembalap dengan cepat melakukan breakaway tak lama setelah lomba dimulai. Namun upaya itu berhasil diredam rombongan besar. Lalu Dylan van Baarle (Ineos Grenadiers) berinisiatif untuk menyerang di 50 kilometer setelah start. Rider asal Belanda ini tak sendirian. Ada 24 pembalap lain yang mengikutinya.

Kemudian insiden terjadi saat balapan harus dinetralisasi di sisa 36 kilometer menuju finis. Sekelompok orang melakukan unjuk rasa dengan masuk ke arena lomba. Beberapa duduk berdiam diri di jalan raya. Ada pula yang menyalakan flare asap. Petugas dengan cepat memindahkan para pengunjuk rasa ini.

Setelah lomba di-restart, para pembalap harus bersiap menghadapi tanjakan terakhir di Montee de l'altiport de Megève. Ada banyak pembalap yang tercecer selama pendakian. Menyisakan Cort dan rider asal Australia, Nick Schultz (BikeExchange-Jayco) untuk beradu sprint.

Keduanya nyaris finis bersamaan. Namun photo finish menegaskan Cort sebagai pemenang. Cort menuntaskan tahapan ini dengan catatan waktu 3 jam 18 menit 50 detik. Schultz finis kedua. Tempat ketiga dihuni Luis León Sánchez (Bahrain-Victorious) dengan selisih tujuh detik.

"Saya sempat berpikir Schultz lah yang menang. Kemudian ada beberapa jurnalis di sekitar saya. Lalu Directeur Sportif kami mengabarkan bahwa saya lah pemenangnya. Ini luar biasa," bilang Cort seusai lomba.

Ini adalah kemenangan keduanya di Tour de France. Sebelumnya, pembalap 29 tahun ini naik podium di Etape 15 Tour de France 2018. "Saya tidak dapat memimpikan kemenangan di Tour de France yang lebih baik sejauh ini daripada kemenangan ini," bilang Cort.

Sementara itu, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih bertahan di puncak General Classification (GC). Tapi ia ditempel ketat oleh Lennard Kämna (Bora-Hansgrohe) yang naik 19 peringkat ke posisi kedua. Mereka terpaut sebelas detik saja. Posisi ketiga dihuni Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) dengan gap 39 detik.

Selanjutnya, para pembalap disuguhi medan berat di Etape 11 pada Rabu, 13 Juli 2022. Panjang rutenya 'hanya' 151,7 kilometer. Dimulai dari Albertville menuju Col de Granon. Peloton akan dihadapkan dengan empat tanjakan. Dua di antaranya adalah tergolong Hors Categorie (HC).

Tanjakan HC pertama adalah Col du Galibier. Ini adalah tanjakan sepanjang 17,6 kilometer dengan gradien 6,8 persen. Kemudian peserta harus nanjak di Col du Granon untuk mencapai garis finis. Ini adalah tanjakan dengan gradien rata-rata 9,1 persen. Panjangnya 11,4 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 10 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Magnus Cort (Denmark), EF Education-EasyPost 3 jam 18 menit 50 detik
2. Nick Schultz (Australia), BikeExchange-Jayco +0
3. Luis León Sánchez (Spanyol) Bahrain Victorious +7
4. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat) Movistar +8
5. Dylan van Baarle (Belanda) Ineos Grenadiers +10
6. Georg Zimmerman (Jerman) Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +10
7. Benjamin Thomas (Prancis), Cofidis +18
8. Andreas Leknessund (Norwegia), Team DSM +20
9. Fred Wright (Inggris), Bahrain Victorious +22
10. Lennard Kämna (Jerman), Bora-Hansgrohe +22

General Classification usai 10 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 37 jam 11 menit 28 detik
2. Lennard Kämna (Jerman), Bora-Hansgrohe +11
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +39
4. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +1:17
5. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:25
6. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +1:38
7. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +1:39
8. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +1:46
9. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:50
10. Luis León Sánchez (Spanyol), Bahrain Victorious +1:55

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 97

Foto: Getty Images


COMMENTS