Banyak Crash, Clarke Menang, Van Aert Tetap Kuning


Ada banyak kecelakaan di Etape 5 Tour de France 2022 pada Rabu, 6 Juli 2022. Tahapan yang menghadirkan sebelas segmen cobblestone ini dimenangkan oleh rider asal Australia, Simon Clarke (Israel-PremierTech). Sementara jersey kuning tetap menjadi milik Wout van Aert (Jumbo-Visma).

Etape 5 berlangsung dari Lille menuju Wallers-Arenberg. Panjang rutenya 157 kilometer. Meski paling pendek dibandingkan tiga tahapan sebelumnya, Etape 5 menghadirkan kesulitan tersendiri. Sebab, peloton harus melalui sebelas segmen cobblestone. Mulai dari KM 81 hingga enam kilometer menjelang finis.

Kemenangan Clarke dimulai saat ia berhasil menjangkau trio pembalap yang melakukan breakaway sejak awal lomba, yakni Magnus Cort Nielsen (EF Education-EasyPost), Taco van der Hoorn (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) dan Edvald Boasson Hagen (TotalEnergies).

Clarke tidak sendirian. Ia berjuang bersama Neilson Powless (EF Education-Easypost) dan Alexis Gougeard (B&B Hotels-KTM). Keenam pembalap ini kemudian memisahkan diri dari peloton hingga terpaut lebih dari tiga menit.

Medan yang sulit menghadirkan berbagai kekacauan di tahapan ini. Van Aert sempat mengalami kecelakaan di awal lomba. Beruntung ia tidak mengalami cedera serius sehingga mampu berbuat sesuatu yang krusial untuk tim Jumbo-Visma.

Insiden serupa juga dialami dua rekan Van Aert di Jumbo-Visma, yakni Primoz Roglic dan Jonas Vingegaard. Juga pembalap lain seperti George Bennett (UEA Team Emirates), duo pembalap tim TotalEnergies, Daniel Oss dan Anthony Turgis, Jack Haig (Bahrain Victorious), serta Caleb Ewan (Lotto Soudal).

Namun berbagai masalah ini seakan tidak berlaku bagi pembalap breakaway. Hanya saja tidak semua berhasil bertahan hingga kilometer  terakhir. Hanya tersisa empat rider usai melewati sektor cobblestone terakhir, enam kilometer menjelang finis. Keempanya adalah Clarke, Van der Hoorn, Boasson Hagen dan Powless.

Clarke akhirnya memenangi tahapan ini setelah mengalahkan Van der Hoorn, Boasson Hagen, dan Powless dalam adu sprint. Pembalap 35 tahun itu mencatatkan waktu 3 jam 13 menit 35 detik. Van der Hoorn finis kedua dan Boasson Hagen menempati peringkat ketiga.

"Saya masih tidak percaya saya berhasil melakukannya. Taco jauh di depan saya dengan jarak kurang dari 50 meter. Namun saya berhasil mengejarnya. Saat menyaksikan tayangan ulang, saya masih tidak percaya dapat melakukannya," ucap Clarke usai lomba.

Wajar jika Clarke sedikit terkejut. Sebab ini adalah kemenangan pertamanya dari tujuh kali partisipasi di Tour de France. Sementara itu, Van Aert masih bertengger di puncak General Classification (GC). Kini ia hanya terpaut 13 detik dari Neilson Powless (EF Education-EasyPost) yang berada di posisi kedua.

Selanjutnya, Etape 6 membawa pembalap melaju dari Binche menuju Longwy. Panjang rutenya 219,9 kilometer. Terdapat dua tanjakan Kategori 3 dan satu tanjakan Kategori 4 di tahapan ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Simon Clarke (Australia), Israel-PremierTech 3 jam 13 menit 35 detik
2. Taco van der Hoorn (Belanda), Intermarché-Wanty-Gobert Matériauxt +0
3. Edvald Boasson Hagen (Norwegia), TotalEnergies +2
4. Neilson Powless (Amerika Serikat) EF Education-EasyPost +4
5. Magnus Cort Nielsen (Denmark), EF Education-EasyPost +30
6. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +51
7. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +51
8. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Deceuninck +1:04
9. Fabio Jakobsen (Belanda), QuickStep Alpha Vinyl +1:04
10. Luca Mozzato (Italia), B&B Hotels-KTM +1:04

General Classification usai 5 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 16 jam 17 menit 22 detik
2. Neilson Powless (Amerika Serikat) EF Education-EasyPost +13
3. Edvald Boasson Hagen (Norwegia), TotalEnergies +14
4. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +19
5. Yves Lampaert (Belgia), Quick-Step Alpha Vinyl +25
6. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +36
7. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +40
8. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +48
9. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +49
10. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +50

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 97

Foto: Getty Images


COMMENTS