Dua pembalap yang terlibat insiden di Tour de Pologne 2020, secara berurut-urut menang di Tour de France 2022. Setelah Fabio Jakobsen (Quick-Step Alpha Vinyl), kali ini giliran Dylan Groenewegen (BikeExchange-Jayco) yang naik podium di Etape 3 pada Minggu, 3 Juli 2022.

Jakobsen dan Groenewegen adalah dua rider yang terlibat insiden di Etape 1 Tour de Pologne 2020. Keduanya bersentuhan fisik saat akan melintasi garis finis. Mereka sama-sama terjatuh. Kondisi Jakobsen paling parah. Ia mengalami beberapa cedera dan harus istirahat selama lebih dari setengah tahun.

Kini kedua sprinter asal Belanda tersebut bersaing di Tour de France 2022. Jakobsen baru saja memenangi Etape 2 pada Sabtu, 2 Juli 2022. Sehari berselang, giliran Groenewegen menjadi yang tercepat di Etape 3. Ini adalah kemenangan etape kelimanya dari lima kali berpartisipasi di Tour de France.

Seperti Etape 2 kemarin, tahapan ketiga ini memang sangat cocok untuk para sprinter. Rutenya flat sepanjang 182 kilometer dari Vejle menuju Sonderborg. Groenewegen mengakhiri etape ini dengan catatan waktu 4 jam 11 menit 33 detik. Wout van Aert (Jumbo-Visma) finis kedua. Jasper Philipsen (Alpecin-Deceuninck) di posisi tiga.

"Kemarin saya sedikit marah pada diri saya sendiri. Hari ini saya sempat terlibat dengan sedikit tabrakan di sisa sembilan kilometer lagi. Tapi teman-teman membawa saya kembali ke posisi semula. Tapi akhirnya saya berhasil finis pertama," bilang Groenewegen dalam laman resmi tim.

Ini adalah kemenangan pertamanya di Tour de France sejak 12 Juli 2019. Kemenangan ini membuatnya sedikit emosional. Pasanya, sejak kedatangan Van Aert di Jumbo-Visma pada 2019 lalu, Groenewegen kehilangan posisi sebagai sprinter utama di skuad asal Belanda itu.

Oleh sebab itu, Groenewegen memutuskan pergi ke BikeExchange-Jayco. Ia harus hijrah untuk memperoleh slot berlaga di balapan paling akbar di dunia itu. Bersama tim asal Australia tersebut, Groenewegen diandalkan untuk meraih kemenangan etape di Tour de France tahun ini.

"Saya harus mengucapkan terima kasih kepada tim saya, keluarga, dan teman-teman karena membawa saya kembali ke Tour de France dalam kondisi yang baik. Tidak secara fisik, tetapi secara mental itu adalah waktu yang sulit, tentu saja. Kemenangan ini sangat berarti bagi saya," ujar Groenewegen.

Sementara itu, puncak general classification masih diduduki Van Aert. Finis kedua di Etape 3 cukup bagi rider asal Belgia itu untuk mempertahankan jersey kuning. Van Aert akan membawa yellow jersey yang ikonik itu keluar dari Denmark dan kembali ke Prancis.

"Denmark menunjukkan dirinya dari sisi terbaiknya. Senang melewati berbagai rute di negara ini dengan begitu banyak penonton. Tentu saja saya sangat bangga membawa jersey kuning ke Prancis," ucap pembalap termahal tim Jumbo-Visma itu.

Ya, Etape 3 sekaligus mengakhiri Grand Depart di Denmark. Setelah ini para pembalap akan bergeser ke Prancis. Tidak ada lomba pada Senin, 4 Juli 2022. Balapan di Etape 4 akan berlangsung pada Selasa, 5 Juli 2022. Start dari Dunkirk menuju Calais dengan panjang rute 171,5 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Dylan Groenewegen (Belanda), BikeExchange-Jayco 4 jam 11 menit 33 detik
2. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +0
3. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Deceuninck +0
4. Peter Sagan (Slovenia), TotalEnergies +0
5. Fabio Jakobsen (Belanda), Quick-Step Alpha Vinyl +0
6. Christophe Laporte (Prancis), Jumbo-Visma +0
7. Alberto Dainese (Italia), Team DSM +0
8. Hugo Hofstetter (Prancis), Arkéa Samsic +0
9. Caleb Ewan (Australia), Lotto Soudal +0
10. Danny van Poppel (Belanda), Bora Hansgrohe +0

General Classification usai 3 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 9 jam 1 menit 17 detik
2. Yves Lampaert (Belgia), Quick-Step Alpha Vinyl +7
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +14
4. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +18
5. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Deceuninck +20
6. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +22
7. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +23
8. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers, +30
9. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ +30
10. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +31

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 95

Foto: Getty Images

Populer

Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie
Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Kolom Sehat: Sisi Lain Bromo
Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin
Kalender Event Mainsepeda 2024: East Java Journey Pertama, Bromo KOM X 18 Mei
Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai
Pompa Ban Anda sesuai Berat Badan
Siap-Siap! Registrasi Bromo KOM X Dibuka Kamis, 21 Maret Pukul 03.00 WIB
Kolom Sehat: MVDP dan Nuntun Sopan di Koppenberg
Attack di 60 Km Akhir, Mathieu van der Poel Menang Fenomenal di Paris-Roubaix