Primoz Roglic (Jumbo-Visma) mengambil alih yellow jersey dari rekan setimnya Wout van Aert. Roglic memuncaki General Classification (GC) meski finis kedua di Etape 7 Criterium du Dauphine 2022 pada Sabtu, 11 Juni 2022. Sementara itu, etape ini dimenangi Calos Verona (Movistar).

Etape 7 memang menjadi panggung bagi para climber. Berlangsung dari Saint-Chaffrey menuju Vaujany dengan total jarak 134,8 kilometer. Terdapat dua tanjakan Hors Categorie (HC) yang harus dilalui, yakni Col du Galibier dan Col de la Croix de Fer.

Verona bergabung dengan 17 pembalap lainnya yang berada di garis terdepan di sisa 100 kilometer. Ketika satu per satu pembalap breakaway tersisih, Verona berhasil bertahan di garis terdepan. Pembalap asal Spanyol itu  melaju sendirian di lima kilometer.

Roglic baru mengejar Verona saat balapan tersisa kurang dari dua kilometer. Hanya saja, ia gagal menyalip pembalap 29 tahun itu. Verona menuntaskan tahapan ini dengan catatan waktu 3 jam 53 menit 35 detik. Roglic finis kedua dengan selisih 13 detik. Sementara Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) finis ketiga.

"Kemenangan ini untuk tim Movistar. Kami belum memiliki momen terbaik, tapi kami akan kembali lebih kuat dari sebelumnya. Ini juga untuk keluarga saya, istri saya dan anak-anak saya. Saya balapan di sini dan mereka juga mendukung saya," bilang Verona.

Dalam laman resmi Jumbo-Visma, Roglic mengaku sangat menikmati tahapan ini. Menurutnya, memenangi etape ini memang bukan prioritas utama. Sebab ia mengejar kemenangan overall. Meski sedikit menyesal karena gagal naik podium di Etape 7, ia merasa Verona memang pantas mendapatkan kemenangannya itu.

Meski gagal menang di Etape 7, tapi Roglic langsung melesat ke puncak klasemen Overall. Vingegaard berada di peringkat kedua dengan selisih 44 detik. Jika mampu mempertahankan posisinya di Etape 8 pada Minggu, 12 Juni 2022, Roglic akan menjuarai Criterium du Dauphine 2022.

"Saya menganggap Etape 8 sebagai queen stage. Tentu saja saya ingin mempertahankan jersey kuning. Namun semuanya masih bisa terjadi dan kami harus tetap waspada," ucap pembalap 32 tahun itu.

"Saya datang ke Dauphiné untuk mendapatkan perasaan yang baik. Kami berada di jalur yang benar dengan tim menuju tujuan yang akan datang. Saya masih meningkat setiap hari dan merasa kaki saya semakin kuat. Itu merupakan pertanda yang bagus," imbuh Roglic.

Selanjutnya, Etape 8 akan menjadi tahapan penutup di Criterium du Dauphine 2022. Pembalap akan melaju dari Saint-Alban-Leysse menuju Plateau de Salaison. Total jaraknya 138,8 kilometer. Empat tanjakan harus dilalui di etape ini. Termasuk Plateau de Salaison, tanjakan Hors Categorie (HC) sepanjang 11,4 kilometer dengan gradien rata-rata 8,9 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 Criterium du Dauphine 2022 (Top Ten)
1. Carlos Verona (Spanyol), Movistar 3 jam 53 menit 35 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +13
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +25
4. Ben O'Connor (Australia) AG2R Citroën Team +27
5. Tobias Halland Johannessen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling +39
6. Esteban Chaves (Kolombia), EF Education-EasyPost +40
7. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +40
8. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +40
9. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +48
10. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +56

General Classification usai 7 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 25 jam 22 menit 8 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +44
3. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +1:24
4. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +1:30
5. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +1:32
6. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +1:40
7. Tobias Halland Johannessen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling +2:05
8. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +2:06
9. Jack Haigh (Australia), Bahrain Victorious +2:12
10. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +2:16

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 89

Foto: Getty Images


COMMENTS