Juara dunia Individual Time Trial (ITT) Filippo Ganna menunjukkan tajinya di Etape 4 Criterium du Dauphine 2022 pada Rabu, 8 Juni 2022. Pembalap asal Italia itu menjadi yang tercepat dalam lomba ITT di tahapan ini. Ganna mengungguli Wout van Aert (Jumbo-Visma) dan rekan setimnya di Ineos Grenadiers, Ethan Hayter.

Balapan ITT di Etape 4 berlangsung di rute sepanjang 31,9 kilometer. Pembalap melaju dari Montbrison menuju La Batie d'Urfe. Ganna yang kurang menonjol sepanjang tiga etape awal, menunjukkan kualitasnya di etape ini. Dengan kecepatan rata-rata 53,8 km/jam, Ganna menorehkan catatan waktu terbaik, yakni 35 menit 32 detik.

Ganna terpaut dua detik dari Van Aert. Sedangkan Hayter finis ketiga dengan selisih 17 detik di belakang rider asal Italia itu. Ini adalah kemenangan perdana bagi pembalap 25 tahun itu di Dauphine. Sekaligus kemenangan keempat sepanjang musim ini.

"Van Aert sangat kuat. Kemarin ia sudah sangat dekat dengan kemenangan. Ia atlet yang luar biasa dan kami hanya bisa mengatakan chapeau kepadanya," terang Ganna seusai lomba.

Eks pembalap UAE Team Emirates tersebut sempat khawatir karena hujan mengguyur lintasan pada pagi hari sebelum lomba. Untungnya hujan tidak berlangsung lama dan matahari membuat jalan lebih kering. Ini kabar baik untuk semua pembalap.

Kemenangan ini, lanjut Ganna, sekaligus menjadi modal untuk berlaga di Tour de France 2022 yang dimulai 1 Juli nanti. Ada dua balapan ITT di Etape 1 di Kopenhagen, Denmark serta di Etape 20. "Kopenhagen sudah dekat. Namun saya harus menunggu dan melihat apakah saya akan berada di sana atau tidak," bilangnya.

Sementara itu, Van Aert sedikit menyesal karena gagal menang di tahapan ini. Apalagi selisihnya sangat tipis, hanya dua detik saja. "Saya dikalahkan oleh juara dunia. Saya suka menang, tetapi saya harus menerimanya dan senang dengan penampilan saya," ucap Van Aert seusai lomba.

Kabar baiknya, hasil di Etape 4 tidak menggoyahkan posisi Van Aert di puncak General Classification (GC). Rider asal Belgia itu masih berhak mengenakan jersey kuning. "Saya memiliki jersey yang bagus ini. Saya akan mencoba menikmatinya dalam beberapa hari ke depan," terang pembalap termahal tim Jumbo-Visma itu.

Selanjutnya, para pembalap akan melewati rute sepanjang 162,3 kilometer di Etape 5 pada Kamis, 9 Juni 2022. Peloton start dari Thizy-les-Bourgs menuju Chaintré. Pembalap akan melalui empat tanjakan. Salah satunya di Cote de Dun. Ini adalah tanjakan Kategori 2 dengan gradien 13,5 persen di 600 meter terakhir. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Criterium du Dauphine 2022 (Top Ten)
1. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenaders 35 menit 32 detik
2. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +2
3. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +17
4. Mattia Cattaneo (Italia), QuickStep Alpha Vinyl  +39
5. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +42
6. Luke Durbdirge (Australia), BikeExchange - Jayco +53
7. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +1:12
8. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +1:25
9. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +1:31
10. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +1:34

General Classification usai 4 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 13 jam 26 menit 6 detik
2. Mattia Cattaneo (Italia), QuickStep Alpha Vinyl +53
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +56
4. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +1:26
5. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +1:26
6. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +1:39
7. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +1:45
8. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +1:48
9. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +1:50
10. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +2:00

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 88

Foto: ASO


COMMENTS