Gowes Seru Folbak ke Titik Nol IKN Nusantara


Komunitas sepeda lipat asal Balikpapan, Folding Bike Balikpapan (Folbak) bikin gowes seru pada akhir pekan lalu. Sebanyak 53 member komunitas ini gowes sejauh 97 kilometer. Berangkat dari Pantai Melawai yang menjadi titik kumpul goweser di Balikpapan, menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Titik nol IKN Nusantara merupakan titik referensi untuk menghitung ketinggian bangunan yang akan dibangun di Ibu Kota yang baru. Tempat ini tersohor karena pernah menjadi tempat berkemah Presiden Joko Widodo pada awal tahun lalu. Jaraknya kurang dari 100 kilometer.

Perbaikan jalan dan serta pembangunan fasilitas umum lainnya di IKN Nusantara menjadi berkah tersendiri untuk cyclist di Kalimantan Timur (Kaltim). Termasuk di Balikpapan. Pada akhir pekan lalu, rute inilah yang dilalui 53 member Folbak.

Selain melalui total jarak 97 kilometer, mereka juga harus menempuh total elevation gain 1400 meter. Rute ini dibagi dalam empat segmen yang dituntaskan dalam tujuh jam. "Perih tapi bahagia," terang Melvin, salah satu finisher yang berhasil menyelesaikan misi ini.

Setelah start, peserta sengaja digenjot terlebih dahulu pada di segmen pertama. Mereka harus melalui medan rolling dengan jarak 42 kilometer. Kemudian mereka harus nanjak di Bukit Bengkirai yang memiliki gradien sekitar 15 persen. Lalu dua segmen lainnya adalah rolling yang memaksa cyclist harus suffering.

Ketua Folbak, H. Gabo "Jigab" menjelaskan, tur ke IKN Nusantara merupakan event pertama mereka setelah pandemi mulai mereda. Selain itu, ini sekaligus menjadi sesi latihan mereka menuju Bromo KOM 2023. Mereka tak tampil tahun ini karena kehabisan slot.

"Semoga dengan latihan rutin yang berkualitas, tahun depan member kami bisa naik haji ke Bromo KOM," harap Jigab. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 88

Foto: Dokumentasi Folbak


COMMENTS