Simon Yates (BikeExchange–Jayco) menjadi pemenang di Etape 14 Giro d'Italia 2022 pada Sabtu, 21 Mei 2022. Ini adalah kemenangan keduanya di panggung terbesar di Italia tersebut pada tahun ini. Sementara itu, etape ini menandai dimulainya dominasi Richard Carapaz di General Classification (GC).

Tahapan ini merupakan mountain stage pertama di pekan kedua Giro tahun ini. Peloton melaju dari Santena ke Turin dengan total jarak 147 kilometer. Setelah menanjak di Il Pilonetto, para pembalap harus dua kali melalui Superga dan Colle della Maddalena. Keduanya adalah tanjakan Kategori 2.

Yates berhasil menyelesaikannya dengan catatan waktu 3 jam 43 menit 44 detik. Ia mengungguli Jai Hindley (Bora–Hansgrohe) dan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) dengan gap 15 detik. Inilah kemenangan keduanya di Giro musim ini.

Sebelumnya, Yates menjadi yang tercepat dalam balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 2. Selain itu, ini adalah kemenangan keenam Yates sepanjang kiprahnya di balapan paling akbar di Negeri Pisa tersebut sejak 2018 silam.

"Saya mencoba menyerang beberapa kali di awal, tetapi itu tidak berhasil. Jadi kami harus mengubah taktik dan mengejar etape secara normal. Beruntung tim Bora-Hansgrohe berusaha mengejar kemenangan etape atau GC. Sehingga saya punya celah untuk melakukan yang terbaik," sebut Yates.

Sementara itu, tahapan ini sekaligus mengakhiri dominasi Juan Pedro López (Trek–Segafredo) di puncak GC. Ia tak lagi bertengger di klasemen overall karena finis kesepuluh dengan gap hampir lima menit dari Yates. Hal itu membuatnya kehilangan maglia rosa (jersey pink).

Simbol pemuncak klasemen overall tersebut kini berpindah ke Carapaz. Pembalap asal Ekuador tersebut bakal mengenakan jersey pink saat Etape 15 pada Minggu, 22 Mei 2022. "Ini adalah etape yang sulit tetapi sangat singkat," ucap peraih medali emas di disiplin road race di Olimpiade Tokyo itu.

"Saya senang dengan bagaimana hasilnya. Ini adalah langkah positif bagi tim dan sekarang kami akan mencoba untuk mempertahankan maglia rosa. Saya tidak ingat bahwa tiga tahun lalu saya juga merebut jersey pink di Etape 14. Tapi saya senang melakukannya lagi," imbuh Carapaz. (mainsepeda)

Hasil Etape 14 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Simon Yates (Inggris), BikeExchange–Jayco 3 jam 43 menit 44 detik
2. Jai Hindley (Australia), Bora–Hansgrohe +15
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers    +15
4. Vincenzo Nibali (Italia), Astana Qazaqstan Team +15
5. Domenico Pozzovivo (Italia), Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux +28
6. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +39
7. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +51
8. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +51
9. Emanuel Buchmann (Jerman), Bora–Hansgrohe +1:10
10. Juan Pedro López (Spanyol), Trek–Segafredo +4:25

General Classification usai 14 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 58 jam 21 menit 28 detik
2. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +7
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +30
4. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +59
5. Domenico Pozzovivo (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +1:01
6. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +1:52
7. Emanuel Buchmann  (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:58
8. Vincenzo Nibali (Italia), Astana Qazaqstan Team +2:58
9. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo +4:04
10. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +9:06

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 85

Foto: Getty Images


COMMENTS