Arnaud Demare Menang dan Rebut Jersey Ungu


Arnaud Demare berhasil mengunci kemenangan di Etape 5 Giro d'Italia 2022, Rabu (11/5). Selain itu, pembalap tim Groupama-FDJ ini juga melesat ke puncak points classification. Kemudian merebut maglia ciclamino (jersey ungu) dari tangan Mathieu van der Poel (Alpecin Fenix).

Setelah dihajar habis-habisan di tanjakan Gunung Etna di Etape 4, peloton mendapatkan medan cenderung flat di Etape 5. Hanya ada satu tanjakan Portella Mandrazzi yang memiliki gradien rata-rata empat persen dengan panjang 19,5 kilometer.

Etape 5 dimulai dari Catania dengan total jarak 174 kilometer. Kemudian peloton melaju menuju garis titik finis di Messina, kampung halaman Vincenzo Nibali (Astana Qazaqstan). Tahapan ini berakhir dengan adu sprint dengan Demare sebagai pemenangnya.

Pembalap asal Prancis tersebut menorehkan catatan waktu 4 jam 3 menit 56 detik Fernando Gaviria (UAE Team Emirates) dan Giacomo Nizzolo (Israel-Premier Tech). "Saya sangat senang karena ini adalah kemenangan perdana musim ini," ucap Demare seusai balapan.

Demare berhasil merebut jersey ungu dari tangan Van der Poel

Demare memang sedikit kurang beruntung pada musim ini. Ia dua kali finis kedua di Tirreno-Adriatico 2022 dan di Etape 3 Giro musim ini. Belum pernah finis pertama. Ia akhirnya pecah telur di Italia. Ini adalah kemenangan keenam sepanjang karier pembalap 30 tahun itu di Giro.

"Itu pendakian yang sulit yang membuat saya sempat kehiangan waktu. Namun tim melakukan pekerjaan bagus di turunan lalu membawa saya ke depan," terangnya.

Kemenangan Demare langsung mengubah komposisi pembalap di tabel points classificaion. Ia naik ke puncak untuk merebut jersey ungu dari tangan Van der Poel. Pembalap asal Belanda tersebut melorot tiga peringkat ke posisi empat.

Sementara itu, maglia rosa (jersey pink) belum berpindah tangan. Simbol pemuncak klasemen overall di Giro itu masih dikuasai Juan Pedro Lopez (Trek-Segafredo). Pembalap asal Spanyol ini unggul di bawah satu menit dari Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe) dan Rein Taaramae (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux).

"Banyak pembalap yang mendatangi saya. Mereka memberikan selamat kepada saya. Meminta saya untuk menikmati hari dan menikmati momen mengenakan jersey pink," ungkapnya dalam laman resmi tim.

Juan Pedro Lopez masih bertengger di puncak General Classification dan berhak atas jersey pink

Selanjutnya, para pembalap akan melaju dari Palmi menuju Scalea di Etape 6. Total jaraknya 192 kilometer. Tanjakan Kategori 4 di Aeroporto L.Razza akan menjadi tantangannya. Panjangnya 4,1 kilometer dengan gradien 3,9 persen. Sama seperti etape sebelumnya, sprint massal akan menjadi penentu kemenangan di tahapan ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ 4 jam 3 menit 56 detik
2. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +0
3. Giacomo Nizzolo (Italia), Israel-Premier Tech +0
4. Davide Ballerini (Italia), QuickStep Alpha Vinyl +0
5. Biniam Girmay (Eritrea), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
6. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
7. Alberto Dainese (Italia), Team DSM +0
8. Natnael Tesfazion (Eritrea), Drone Hopper-Androni Giocattoli +0
9. Edward Theuns (Belgia), Trek-Segafredo +0
10. Simone Consonni (Italia), Cofidis +0

General Classification usai 5 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo 18 jam 21 menit 3 detik
2. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +39
3. Rein Taaramae (Estonia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +58
4. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +1:42
5. Mauri Vansevenant (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +1:47
6. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:55
7. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +1:58
8. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious + 2:00
9. Richie Porte (Australia) Ineos Grenadiers +2:04
10. Romain Bardet (Prancis) Team DSM +2:06

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 84

Foto: Getty Images


COMMENTS