Ethan Hayter (Ineos Grenadiers) mencuri kemenangan di Prologue Tour de Romandie 2022, Selasa (26/4) malam. Pembalap 23 tahun asal Inggris tersebut mengungguli Rohan Dennis (Jumbo-Visma) dalam balapan Individual Time Trial (ITT) di Lausanne.

Lomba ini menempuh rute sepanjang 5,12 kilometer. Dennis yang memenangi tahapan ini pada musim lalu, mencuat sebagai unggulan pertama. Akan tetapi, jagoan ITT asal Australia tersebut gagal mencatatkan waktu terbaik.

Dennis dikalahkan oleh Hayter, mantan rekan sekaligus juniornya di tim Ineos Grenadiers. Rider kelahiran London itu menyelesaikan etape ini dengan catatan waktu 5 menit 52 detik. Dennis di posisi kedua dengan gap empat detik. Felix Grossschartner (Bora-Hansgrohe) di posisi ketiga dengan selisih sepuluh detik.

"Sangat menyenangkan. Saya mengalami beberapa kemunduran pada awal tahun ini dan lah istirahat dari balapan. Lalu saya kembali berlatih keras dan berhasil menang lagi. Rasanya menyenangkan," kata Hayter usai lomba.

Ini adalah kemenangan pertama Hayter di ajang WorldTour. Sekaligus kemenangan terbaik sejak bergabung dengan Ineos Grenadiers pada 2020. "Balapan ITT memang cocok untuk saya. Saya berpikir untuk mencobanya dan itu berhasil dengan baik," imbuh Hayter.

Hayter menjadi salah satu mesin Ineos Grenadiers di Tour de Romandie 2022. Ia datang bersama Laurens de Plus, Andrey Amador, Luke Plapp, Brandon Rivera, serta Magnus Sheffield. Mereka diutus untuk menyukseskan Geraint Thomas guna mempertahankan mahkotanya di balapan ini.

Thomas mengawali kiprahnya di Tour de Romandie 2022 dengan manis. Ia finis keempat, terpaut sepuluh detik di belakang Hayter. "Geraint tampil sangat bagus juga. Kamiingin memenangkan lebih banyak etape dan merebut GC juga," terang Hayter.

Tour de Romandie 2022 akan berlangsung selama enam hari. Menempuh total rute 712,3 kilometer serta mencakup elevasi 14.000 meter. Selanjutnya, Etape 1 akan berlangsung di rute sepanjang 178 kilometer. Para pembalap melaju dari La Grande Beroche menuju Romont. (mainsepeda)

Hasil Prologue Tour de Romandie 2022 (Top Ten)
1. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers 5 menit 52 detik
2. Rohan Dennis (Ausytalia), Jumbo-Visma +4
3. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +10
4. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +10
5. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +13
6. Matteo Sobrero (Italia), BikeExchange-Jayco +13
7. Ethan Vernon (Inggris), QuickStep Alpha Vinyl +14
8. Georg Steinhauser (Jerman), EF Education-EasyPost +14
9. Mauro Schmid (Swiss), QuickStep Alpha Vinyl +14
10. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +14

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 82

Foto: Dario Belingheri/Getty Images


COMMENTS