Kapolda Jatim Ingin Menaklukkan Tanjakan Bromo


Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta jatuh cinta dengan olahraga balap sepeda. Ia rutin bersepeda, bahkan latihan nanjak, di sekitar Surabaya. Sekarang ia makin rajin latihan karena ingin menaklukkan tanjakan di Bromo.

Jenderal Polri bintang dua ini mengaku hobi berolahraga. Berbagai macam cabang olahraga pernah digeluti. Tapi selalu ada yang kurang pas. "Semua olahraga sudah pernah saya coba. Paling cocok cuma bersepeda," ungkap Kapolda ketika menerima tim Mainsepeda.com di Mapolda Jatim.

Ia mulai intens gowes saat menjadi Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 2020. Kemudian berlanjut setelah memimpin Polda Jatim. Alumnus SMAN 2 Surabaya (Smada) itu juga menjadi penggerak bersepeda di lingkungan Polda Jatim. Kapolda sering gowes bareng bersama jajarannya.

"Kebetulan jajaran di Polda Jatim ini juga saya suntik dengan sepeda. Setidaknya saya tidak gowes sendirian," canda alumnus Akpol 1992 tersebut.

Tidak hanya gowes di rute datar, Kapolda juga menikmati sensasi 'suffering' saat nanjak. Salah satu rute nanjak favoritnya di sekitar Surabaya adalah Surya. Hobi nanjak inilah yang terkadang membuat jajarannya khawatir. Tapi Kapolda cukup tangguh. Ia pantang loading sebelum sampai ke titik puncak.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta (kiri) bersama founder Mainsepeda.com, Azrul Ananda

Untuk memperdalam ilmu tentang bersepeda, Kapolda mengaku sering menyimak Podcast Main Sepeda yang digawangi Azrul Ananda dan Johnny Ray. "Sering nonton di YouTube. Melihat Mas Azrul dengan Johnny Ray membuat kami mendapatkan ilmu pengetahuan soal sepeda," akunya.

Salah satu event yang ingin dituntaskan Kapolda dalam waktu dekat adalah Bromo KOM Challenge 2022. Ia dan jajaran Polda Jatim siap mendukung kelancaran kegiatan ini. Rencananya, event naik haji bagi cyclist Indonesia itu akan start dari Mapolda Jatim pada 21 Mei nanti.

"Kami siap bersatu padu membantu kelancaran Bromo KOM. Saya juga siap ikut gowes. Mungkin sampai pit stop pertama dulu di Gedung Harmonie, Pasuuran. Kalau merasa belum cukup, baru coba nanjak hingga finis," terang pria kelahiran Surabaya ini. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 81

Foto: Humas Polda Jatim, DBL Indonesia


COMMENTS