Rodriguez Menang, Evenepoel Mengudeta Roglic


Primoz Roglic (Jumbo-Visma) akhirnya lengser dari posisinya di puncak General Classification (GC) Tour of the Basque Country 2022. Pembalap asal Slovenia itu digusur Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) setelah berakhirnya Etape 5, Jumat (8/4).

Roglic memuncaki GC setelah memenangi Etape 1 pada Senin (4/4) lalu. Ia mempertahankan posisinya hingga berakhirnya Etape 4, Kamis (7/4). Meski memimpin, Roglic tidak mampu menjauh dari Evenepoel. Pembalap asal Belgia itu selalu membuntutinya dengan gap lima detik.

Momen runtuhnya dominasi Roglic terjadi di Etape 5. Tahapan ini membawa para pembalap melaju dari Zamudio ke Mallabia. Total jaraknya 163,8 kilometer. Empat tanjakan Kategori 3 dan satu kategori 2 menjadi menu utama di etape ini. Finisnya juga membuat nanjak sejauh 600 meter dengan gradien 10,5 persen.

Roglic kehilangan kuasanya di tahapan ini. Meski digadang sebagai pemenang, pembalap 32 tahun tersebut hanya finis di posisi ke-19. "Saya merasa lelah. Etape ini sangat sulit. Saya hampir tidak bisa mencapai finis," kata Roglic dilansir Cyclingnews.

Selebrasi Carlos Rodriguez setelah finis pertama di Etape 5

Roglic terpaut lebih dari satu menit dari Carlos Rodriguez (Ineos Grenadiers) yang memenangi etape ini. Rodriguez mencatatkan waktu 4 jam 7 menit 9 detik. Rekannya di tim Ineos Grenaiders, Daniel Martinez finis kedua. Sementara Evenepoel di peringkat ketiga.

Jika melihat performanya di Etape 5, Roglic memang masih punya kans untuk juara. Namun peluang itu kian mengecil. Apalagi Tour of the Basque Country 2022 menyisakan satu etape lagi. Jumbo-Visma seakan telah mengantisipasi. Untuk itu, mereka mendorong Jonas Vingegaard dalam persaingan melawan Evenepoel.

Pembalap asal Denmark ini finis kedelapan di Etape 5. Vingegaard berada di peringkat enam di klasemen overall dengan gap 29 dari Evenepoel. "Kami balapan dengan baik dengan seluruh tim. Jonas telah berada di depan. Hal itu berjalan seperti yang kami inginkan," imbuh Roglic.

Evenepoel pun tidak mau kalah. Pembalap 22 tahun ini sangat happy lantaran berhasil menguasai jersey kuning di Tour of the Basque Country 2022. Serta meninggalkan Roglic dengan gap lebih dari satu menit. Akan tetapi, Evenepoel tidak mau berbesar kepala. Sebab masih ada satu etape tersisa di ajang ini.

Evenepoel kini memuncaki GC dan berhak mengenakan jersey kuning

Etape pemungkas akan menempuh total jarak 135,7 kilometer. Pembalap melaju dari Eibar menuju Arrate. Meski jaraknya lebih pendek daripada Etape 5, namun tahapan ini akan lebih sulit. Setidaknya terdapat tiga tanjakan Kategori 1 yang harus dilalui para pembalap.

"Etape ini akan sulit. Saya mengharapkan banyak serangan dari jarak jauh. Tetapi, kami akan mencoba dan saya berharap dalam kondisi bagus. Saya bakal berusaha memberikan yang terbaik bersama tim di etape terakhir," kata Evenepoel dalam laman resmi tim QuickStep Alpha Vinyl. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tour of the Basque Country 2022 (Top Ten)
1. Carlos Rodriguez (Spanyol), Ineos Grenadiers 4 jam 7 menit 9 detik
2. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +7
3. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +9
4. Ion Izagirre (Spanyol), Cofidis +11
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +11
6. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +13
7. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +18
8. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +20
9. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates +38
10. Fernando Barceló (Spanyol), Caja Rural-Seguros RGA +1:07

General Classification usai 5 etape dari 6 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 18 jam 12 menit 29 detik
2. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +2
3. Ion Izagirre (Spanyol), Cofidis +21
4. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +22
5. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +22
6. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +29
7. Enric Mas (Spanyol), Movistar +37
8. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:05
9. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:15
10. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates +1:30

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 80

Foto: Sprint Cycling Agency, Getty Images


COMMENTS