Roglic Tampil Sempurna di Etape Pembuka


Primoz Roglic (Jumbo-Visma) mengawali kiprahnya di Tour of the Basque Country 2022 dengan sempurna. Peraih medali emas di Olimpiade Tokyo itu memenangi balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 1, Senin (4/4). Hasil ini seakan mengulang prestasi manis Roglic pada musim lalu.

Roglic datang ke Tour of the Basque Country 2022 sebagai juara bertahan. Ia memenangi ajang ini pada tahun lalu setelah mengungguli rekan setimnya di Jumbo-Visma, Jonas Vingegaard serta Tadej Pogacar (UAE Team Emirates).

Seperti halnya musim lalu, Roglic juga berjaya di balapan ITT di tahapan pembuka. Etape 1 digelar di Hondarribia dengan panjang lintasan 7,51 kilometer. Rute ini melalui San Telmo, tanjakan Kategori 3 sepanjang 1,4 kilometer dan gradien rata-rata empat persen.

Roglic menuntaskan tahapan ini tanpa hambatan yang berarti. Ia mencatatkan waktu terbaik, 9 menit 48 detik. Pembalap 32 tahun tersebut mengungguli dua andalan tim QuickStep Alpha Vinyl, yakni Remco Evenepoel dan Rémi Cavagna.

"Saya sangat bahagia karena telah memenangi Etape ini. Rutenya super technical, banyak tikungan. Tetapi ini baru permulaan. Anda tidak dapat memiliki perbedaan yang sangat besar. Saya sering mengatakan bahwa selalu lebih baik memiliki beberapa keuntungan daripada kerugian. Tapi itu belum berarti apa-apa," kata Roglic.

Evenepoel siap menjadi penantang Roglic di Tour of the Basque Country 2022

Memang tidak ada Pogacar di Tour of the Basque Country 2022. Meski demikian, persaingan di balapan ini tetap seru. Roglic harus melawan Evenepoel yang mulai menemukan bentuk terbaiknya. Selain itu, masih ada dua rider top dari tim Ineos Grenadiers, yakni Adam Yates dan Geraint Thomas.

"Performa saya sudah lebih baik daripada di Tirreno–Adriatico. Secara mental juga lebih kuat. Saya berharap bisa bertarung dengan Primoz dan yang lainnya. Sebab balapan ini akan menjadi pertarungan besar hingga Sabtu nanti," harap Evenepoel.

Sementara itu, Tour of the Basque Country 2022 berlangsung dalam enam etape. Setelah lomba ITT di tahapan pembuka, pembalap akan bersiap menuju Etape 2, Selasa (5/4). Balapan dimulai dari Leitza menuju Viana. Total jaraknya 207,6 kilometer.

Etape 2 merupakan yang terpanjang di Tour of the Basque Country tahun ini. Peloton akan melalui dua tanjakan Kategori 3 dan satu tanjakan Kategori 2 di Lizarraga. Lizarraga memiliki gradien rata-rata 5,4 persen. Panjangnya 9,6 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour of the Basque Country 2022 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 9 menit 48 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +5
3. Rémi Cavagna (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +16
4. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +18
5. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +18
6. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +18
7. Bruno Armirail (Prancis), Groupama-FDJ +20
8. Ion Izagirre Insausti (Spanyol), Cofidis +20
9. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +20
10. Ben Tulett (Inggris), Ineos Grenadiers +21

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 79

Foto: Getty Images


COMMENTS