Joao Almeida akhirnya meraih kemenangan pertama bersama UAE Team Emirates pada musim ini. Pembalap asal Portugal itu menang uphill sprint di Etape 4 Volta a Catalunya 2022. Ia mengalahkan dua pembalap Kolombia, yakni Nairo Quintana (Arkea-Samsic) dan Sergio Higuita (Bora-Hansgrohe).

Tahapan ini membawa pembalap nanjak dari La Seu d'Urgell menuju puncak Boi Taull. Total panjang rutenya 166,7 kilometer. Terdapat tiga tanjakan Kategori 1 yang dilalui. Termasuk Boi Taull yang menjadi titik finis di etape ini. Itu adalah tanjakan sepanjang 13 kilometer dengan gradien rata-rata enam persen.

Tujuh pembalap memimpin di awal lomba. Dua di antaranya adalah Marc Soler (UAE Team Emirates) dan Hugh Carthy (EF Education-EasyPost). Setelah memimpin di hampir sepanjang balapan, satu per satu dari pembalap breakaway ini tertangkap peloton di lima kilometer menjelang finis.

Almeida menyerang di sisa 3,3 kilometer. Ia tidak sendirian. Ada Quintana, Higuita, dan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers). Quintana mempercepat kayuhannya di kilometer pemungkas. Tapi Almeida berhasil mengunggulinya. Pembalap 23 tahun ini menang uphill sprint menuju Boi Taull.

Almeida menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 4 jam 20 menit 27 detik. Quintana membuntutinya di peringkat kedua. Sementara Higuita di posisi ketiga. Carapaz yang sempat menyerang di tiga kilometer menuju finis, tercecer di posisi tujuh dengan selisih 13 detik.

"Saya telah bekerja keras begitu lama, tetapi belum seberuntung itu. Saya bahkan jatuh di awal etape ini. Tapi itu tidak masalah. Sebab saya sangat senang bisa memenangkan etape ini dan saya merasa sangat baik hari ini," bilang Almeida seusai balapan.

Nairo Quintana kini berada di puncak GC. Ia ditempel ketat Joao Almeida

Hasil di Etape 4 membuat persaingan di General Classification (GC) semakin panas. Quintana kini naik ke puncak GC. Akan tetapi, mantan pembalap Movistar itu dibuntuti oleh Almeida. Sedangkan Higuita membuntuti di posisi ketiga dengan gap enam detik di belakang kedua pembalap itu.

"Saya telah berhasil meraih jersey pemimpin dan saya akan mencoba balapan seperti yang kami inginkan," ucap Quintana dilansir Cyclingnews.

Rider asal Kolombia ini sangat percaya diri dapat mempertahankan posisinya di puncak GC hingga akhir. "Kami telah bekerja dengan baik sebagai sebuah tim. Saya merasa baik dan saya dalam performa terbaik. Jadi kami optimistis hingga tahapan akhir," tegasnya.

Setelah nanjak di dua tahapan terakhir, Etape 5 Volta a Catalunya 2022 akan menyuguhkan medan yang lebih landai. Panjang rutenya 206,3 kilometer. Pembalap melaju dari La Pobla de Segur menuju Vilanova i la GeltrĂș. Hanya ada satu tanjakan Kategori 3 di Coll de Comiols. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Volta a Catalunya 2022 (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates 4 jam 20 menit 27 detik
2. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +0
3. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe +0
4. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +7
5. Tobias Johannessen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +13
6. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +13
7. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +13
8. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +13
9. Carlos Rodriguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +13
10. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +13

General Classification usai 4 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic 17 jam 4 menit 53 detik
2. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +0
3. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe +6
4. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +17
5. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +17
6. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +17
7. Tobias Johannessen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +23
8. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +23
9. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +26
10. Torstein Tren (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +34

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 78

Foto: Getty Images


COMMENTS