Pembalap asal Australia, Michael Matthews (Team BikeExchange-Jayco) memenangi etape pertama Volta a Catalunya 2022, Senin (21/3). Sementara Sonny Colbrelli (Bahrain-Victorious) harus dilarikan ke rumah sakit karena pingsan setelah uphill sprint di Sant Feliu de Guíxols.

Etape pembuka Volta a Catalunya 2022 berlangsung di rute sepanjang 171,2 kilometer di Sant Feliu de Guíxols. Tahapan ini memiliki tiga tanjakan Kategori 3 dengan panjang kurang dari enam kilometer dan gradien rata-rata di bawah enam persen.

Pelbagai serangan terjadi di peloton sejak balapan. Tiga pembalap coba melarikan diri sejak 10 kilometer setelah start. Namun mereka langsung ditangkap peloton. Hujan turun ketika peloton bergejolan lagi di 43 kilometer dari start. Kali ini ada enam pembalap yang melakukan breakaway.

Tidak seperti upaya sebelumnya, kali ini keenam pembalap itu berhasil meninggalkan rombongan besar dengan gap satu menit. Peloton pecah lagi ketika lomba sudah berada di separuh jalan. Sebanyak 19 pembalap coba mengejar kelompok breakaway. Matthews termasuk di dalamnya.

Mereka berhasil menangkap kelompok breakaway di sisa 78 kilometer. Seluruh pembalap di grup terdepan kembali ke peloton di sisa tujuh kilometer. Kemudian tim-tim mulai mempersiapkan kereta cepatnya dalam uphill sprint di Sant Feliu de Guíxols di kilometer terakhir.

Matthews mengakhiri balapan ini sebagai pemenang. Ia finis pertama dengan catatan waktu 3 jam 47 menit 11 detik. Pembalap kelahiran Canberra ini mengungguli Colbrelli dan Quentin Pacher (Groupama-FDJ).

Ini adalah kemenangan pertamanya dalam 578 hari. Ia kali terakhir menang di Bretagne Classic pada 24 Agustus 2020. Tak mengherankan jika Matthews begitu emosional dengan pencapaiannya di etape pembuka Volta a Catalunya 2022 ini.

"Rasanya sudah lama saya berlomba tanpa kemenangan. Jadi, bagi saya, kembali finis dan menang itu sangat berarti," kata Matthews selepas balapan.

Sementara itu, Colbrelli dilaporkan kolaps setelah uphill sprint di Sant Feliu de Guíxols. Pembalap asal Italia tersebut dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Ia dilaporkan dalam keadaan stabil saat diangkut ambulans, 45 menit setelah finis.

"Setelah sprint di Etape 1 Volta a Catalunya, Sonny Colbrelli jatuh pingsan. Ia menerima bantuan medis lebih lanjut, dan ia dalam kondisi stabil setelah dibawa ke ambulans ke Rumah Sakit Universitari de Girona untuk menyelidiki kondisinya lebih lanjut," bunyi pernyataan resmi tim Bahrain Victorious. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Volta a Catalunya 2022 (Top Ten)
1. Michael Matthews (Australia), BikeExchange-Jayco 3 jam 47 menit 11 detik
2. Sonny Colbrelli (Italia). Bahrain Victorious +0
3. Quentin Pacher (Prancis), Groupama-FDJ +0
4. Andrea Bagioli (Italia), QuickStep Alpha Vinyl +0
5. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe +0
6. Mattias Skjelmose (Denmark), Trek-Segafredo +0
7. Simon Clarke (Australia), Israel-Premier Tech +0
8. Eduard Prades(Spanyol), Caja Rural-Seguros RGA +0
9. Hugo Hofstetter (Prancis), Arkea-Samsic +0
10. Attila Valter (Hungaria), Groupama-FDJ +0

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 77

Foto: Getty Images, Eurosport


COMMENTS