Pogacar Back-to-Back Juara di Tirreno–Adriatico


Gelar juara overall di Tirreno–Adriatico 2022 kembali jatuh ke tangan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Rider asal Slovenia itu masih terlalu tangguh untuk ditaklukkan para rivalnya. Ini adalah gelar keduanya dalam lomba tujuh etape di Italia tersebut.

Sebagai pemenang edisi tahun lalu, Pogacar datang ke Tirreno–Adriatico 2022 sebagai kandidat juara terkuat. Tim-tim lain coba menggulingkan singgasananya. QuickStep Alpha Vinyl, misalnya. Mereka mencoba memutus rantai juara Pogacar dengan memboyong Remco Evenepoel.

Akan tetapi, kualitas pembalap muda asal Belgia ini belum cukup untuk melawan Pogacar. Performa luar biasa Pogacar juga diakui andalan tim Jumbo-Visma, Jonas Vingegaard. Rider asal Denmark itu mengakui betapa luar biasanya kekuatan Pogacar.

Ambisi Pogacar dan UAE Team Emirates untuk mempertahankan gelar juara overall di UAE Team Emirates telah dicapai. Pogacar duduk manis di puncak General Classification (GC) hingga berakhirnya Etape 7, Minggu (13/3) malam waktu Indonesia.

Selisih waktu dengan para pesaingnya pun sangat jauh. Vingegaard yang finis di posisi kedua, terpaut hampir dua menit dari pembalap 23 tahun ini. Sementara Mikel Landa (Bahrain Victorious) yang finis ketiga, tertinggal lebih dari dua menit dari Pogacar.

"Hari ini cukup bagus. Lebih santai dari hari-hari sebelumnya dan tidak sedingin sebelumnya. Pada akhirnya saya senang karena hasil yang kami dapat cukup bagus. Saya menikmati etape ini, tetapi saya fokus sampai akhir. Sebab Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi," kata Pogacar seusai balapan.

Selain memuncaki GC, Pogacar juga bertengger di peringkat teratas di Points Classification dan Young Riders Classification. Satu-satunya gelar yang lepas adalah King of Mountains (KOM). Predikat ini diboyong pembalap tim Trek-Segafredo, Quinn Simmons.

Menurut catatan Procyclingstats, keberhasilan Pogacar back-to-back juara di Tirreno-Adriatico, membuat namanya sejajar dengan para pembalap top. Sebut saja Vincenzo Nibali, Tony Rominger, Francesco Moser, dan Roger de Vlaeminck.

Sementara itu, Etape 7 Tirreno–Adriatico 2022 menjadi milik Phil Bauhaus (Bahrain Victorious). Pembalap asal Jerman ini melibas rute sepanjang 159 kilometer di San Benedetto del Tronto, dengan catatan waktu  3 jam 39 menit 58 detik. Giacomo Nizzolo (Israel-Premier Tech) dan Kaden Groves (BikeExchange-Jayco) finis kedua dan ketiga.

"Saya merasa luar biasa. Kami selalu percaya saya bisa menang. Saya mengalami musim dingin yang sulit tetapi saya tahu bahwa saya dalam kondisi yang baik," bilang pembalap asal Jerman tersebut.

Pogacar memiliki waktu sepekan untuk beristirahat setelah menuntaskan Tirreno–Adriatico 2022. Selanjutnya, ia akan tampil di Milan-San Remo pada 19 Maret mendatang. Pogacar berharap menjadi yang terbaik di ajang ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 Tirreno–Adriatico 2022 (Top Ten)
1. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious 3 jam 39 menit 58 detik
2. Giacomo Nizzolo (Italia), Israel-Premier Tech +0
3. Kaden Groves (Australia), BikeExchange-Jayco +0
4. Davide Cimolai (Italia), Cofidis +0
5. Alberto Dainese (Italia), Team DSM +0
6. Alexander Kristoff (Norwegia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
7. Edvald Boasson-Hagen (Norwegia), TotalEnergies +0
8. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +0
9. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +0
10. Matteo Moschetti (Italia), Trek-Segafredo +0

Final General Classification (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 27 jam 25 menit 53 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +1:52
3. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +2:33
4. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +2:44
5. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +3:05
6. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +3:16
7. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +3:20 
8. Thibaut Pinot (Prancis), Groupama FDJ +3:37
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +3:51
10. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +4:03

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 76

Foto: Tim de Waele/Getty Images


COMMENTS