Van Aert Menang dan Rebut Jersey Kuning


Wout van Aert sekali lagi membuktikan diri sebagai pembalap serba bisa. Ia jagoan di cyclocross serta tangguh di sprint dan tanjakan. Selain itu, rider asal Belgia tersebut juga piawai di balapan Individual Time Trial (ITT). Van Aert menunjukkannya di Etape 4 Paris–Nice 2022.

Balapan ITT di Etape 4 digelar Rabu (9/3) malam waktu Indonesia. Berlangsung di lintasan sepanjang 13,4 kilometer dari Domerat menuju Montlucon.

Leader tim Jumb0-Visma, Primoz Roglic menjadi unggulan teratas. Maklum, jawara tiga edisi La Vuelta a Espana ini merupakan peraih medali emas di disiplin ITT di Olimpiade Tokyo, tahun lalu. Namun, kehebatan Roglic berhasil diruntuhkan oleh Van Aert, rekan setimnya.

Van Aert mencatatkan waktu terbaik, yakni 16 menit 20 detik. Terpaut dua detik dari Roglic yang dipaksa puas di posisi kedua. Sementara tempat ketiga menjadi milik time trialist anyar Jumbo-Visma, Rohan Dennis. Pembalap asal Australia itu terpaut enam detik di belakang Van Aert.

"Sampai sekarang, ini adalah pekan yang sempurna untuk tim kami. Kami benar-benar menyerang balapan ini dan menunjukkan untuk apa kami di sini. Hari ini semua orang saling memotivasi dan itu menghasilkan podium yang bagus lagi," kata Van Aert.

Hasil di Etape 4 mengulang keberhasilan Jumbo-Visma menyapu bersih tiga besar podium di Etape 1. Van Aert dan Roglic kini ditempel Dennis. Sementara Christophe Laporte gagal tercecer di peringkat sebelas dengan selisih 28 detik atas Van Aert.

"Semula, tim pelatih menargetkan 17 menit. Kemudian Rohan bisa melakukannya dalam 16 menit 25 detik," bilang pembalap 27 tahun ini.

Kemenangan di Etape 4 membuat Van Aert menggusur Christophe Laporte dari puncak GC

Catatan waktu milik Dennis inilah yang membuatnya termotivasi untuk tampil lebih cepat. Memang tidak mudah. Menurut Van Aert, lintasannya cukup sulit karena rolling. Apalagi ada bagian curam di akhir yang membutuhkan tenaga lebih untuk melibasnya.

"Saya berhasil mendapatkan suatu momentum saat menuruni bukit, lalu membuat diri saya se-aero mungkin dan tancap gas saat menanjak," bilangnya.

Selain tampil spektakuler di balapan ITT, Van Aert juga melesat ke puncak General Classification (GC). Sementara Roglic dan Laporte berada di peringkat kedua dan ketiga. 

Berikutnya, Etape 5 akan berlangsung di medan sepanjang 188,8 kilometer. Membawa peloton melaju dari Saint-Just-Saint-Rambert menuju Saint-Sauveur-de-Montagut. Para climber akan memulai aksinya di tahapan ini. Sebab terdapat tiga tanjakan Kategori 1 yang siap ditaklukkan. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Paris–Nice 2022 (Top Ten)
1. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 16 menit 20 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +2
3. Rohan Dennis (Australia), Jumbo-Visma +6
4. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ +10
5. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +11
6. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +14
7. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +19
8. Stefan Bissegger (Swiss), EF Education-EasyPost +21
9. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +25
10. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +28

General Classification usai 4 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 11 jam 51 menit 5 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +10
3. Christophe Laporte (Prancis), Jumbo-Visma +28 
4. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +49
5. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +51
6. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +53
7. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +1:06
8. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +1:09
9. Stefan Bissegger (Swiss), EF Education-EasyPost +1:13
10. Soren Kragh Andersen (Denmark), Team DSM +1:19

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 76

Foto: Getty Images


COMMENTS